Sukses

Lifestyle

3 Hal Penting Sebelum Kamu Kuliah di Luar Negeri

Fimela.com, Jakarta Kuliah di luar negeri bisa menambah pengalamanmu sebagai mahasiswa asing di negeri orang. Kuliah di luar negeri memang memiliki banyak nilai positifnya. Selain bisa bertemu dengan banyak orang dan mendapatkan pelajaran yang berbeda dengan di Tanah Air, kamu juga bisa belajar hidup di negara lain. 

Selain itu, kuliah di luar negeri juga untuk beberapa kasus memberikan nilai lebih pada CV-mu nanti saat kamu mencari pekerjaan. Tapi, kuliah di luar negeri itu nggak mudah. Tentu saja kamu harus menyiapkan biaya atau mengikuti program beasiswa. Tapi, sebelum kamu memutuskan untuk kuliah di luar negeri, kamu harus tahu 3 hal penting ini. 

Kuliah di luar negeri | Sumber Foto: quipper.com

1. Kemampuan bahasa Inggris sangat penting. Meskipun kamu akan belajar di negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya, tetap saja kamu harus mengasah kemampuanmu. Lebih baik, kamu mengikuti tes TOEFL dan IELTS sebelum memilih jurusan dan universitas yang kamu tuju. 

2. Berminat kuliah di luar negeri, kamu pasti butuh visa. Ya, membuat visa itu nggak mudah dan juga nggak murah. Tapi, sebelum memikirkan visa, ada hal yang lebih penting; Letter of Acceptance (LoA) alias Surat Tanda Penerimaan. Nah, kamu harus mendapatkan surat ini dulu sebelum membuat visa. 

3. Kamu yang mengikuti beasiswa, kamu harus cermat. Sebagian beasiswa akan membiayaimu seluruh kebutuhan belajar di negara tujuan. Mulai dari penginapan, kuliah, buku, makanan, hingga tiket pesawat. Tapi, ada juga beasiswa yang cuma akan meng-cover biaya kuliah, tanpa akomodasi dan biaya hidup. Ini penting banget karena banyak orang yang akhirnya nggak bisa membiayai hidup mereka di sana. 

What's On Fimela
Loading