Sukses

Lifestyle

Bermitra dengan Alibaba, Rp14,7 Triliun Mengalir ke Tokopedia

Fimela.com, Jakarta Sebagai marketplace terbesar di Indonesia, Tokopedia tak main-main dalam merayakan hari jadinya yang ke-8. Ulang tahun marketplace garapan William Tanuwijaya ini diadakan di Grand Ballroom Pulman Central Park, Jakarta Barat pada Kamis (17/8), yang mana bertepatan pada HUT Republik Indonesia ke-72.

Bersamaan dengan ulang tahunnya, Tokopedia mengumumkan babak investasi baru yang dipimpin oleh Alibaba Group. Dengan adanya investasi ini, Alibaba Group menjadi pemegang saham minoritas di Tokopedia. "Bersamaan dengan acara ini, Tokopedia telah menandatangani kesepakatan untuk menerima babak investasi baru yang akan menanamkan komitmen pemodalan sebesar 1,1 juta dolar AS atau setara dengan Rp14 triliun dan akan dipimpin oleh Alibaba Group bersama pemegang saham Tokopedia," kata William Tanuwijaya, selaku CEO dan Co-founder.

William Tanuwijaya di ulang tahun Tokopedia, Kamis (17/8). (Sumber foto: Nurwahyunan

William menambahkan bahwa dengan bermitra dengan Alibaba, Tokopedia bisa belajar dari sebuah role model dan guru dalam membangun marketplace global. "Buat kami ini adalah penting, karena sebagai marketplace terbaik di dunia, kami kembali bisa belajar dengan sosok guru, sebuah organisasi yang kami anggap sebagai role model, memiliki jam terbang dalam membangun marketplace global," imbuhnya.

Dana Rp14 triliun tersebut nantinya akan dipakai untuk perkembangan merchant Tokopedia dan membuka lapangan kerja. "Dana ini akan kami pakai untuk mengakselerasi pertumbuhan lebih dari dua juta merchant Tokopedia dan membangun kembali jutaan lapangan pekerjaan baru di seluruh pelosok Indonesia, dan pastinya kami akan bekerja sama dengan seluruh mitra bisnis kami," jelas William dengan lantang.

William Tanuwijaya di ulang tahun Tokopedia, Kamis (17/8). (Sumber foto: Nurwahyunan

Sedangkan, dari pihak Alibaba Group yang diwakili oleh Daniel Zhang, selaku CEO Alibaba Group, mengatakan bahwa Alibaba Group dan Tokopedia memiliki kesamaan visi. "Alibaba Group dan Tokopedia memiliki kesamaan visi dalam membantu UMKM dalam kesuksesan usahanya dan kami sangat senang dapat bekerja sama bersama Tokopedia untuk melayani seluruh masyarakat Indonesia," kata Daniel Zhang, dikutip dari siaran pers.

Penampilan Kahitna di acara ulang tahun Tokopedia, Kamis (17/8). (Sumber foto: Nurwahyunan/Bintang.com)

Berdiri sejak 2009, Tokopedia telah menjadi perusahaan platform marketplace terbesar di Indonesia. Jutaan UMKM dan pemegang merek lokal di Indonesia telah memulai dan mengembangkan usaha mereka secara online hingga ke seluruh penjuru negeri. Bahkan, data dari SimilarWeb menunjukkan Tokopedia menjadi situs web yang paling sering dikunjungi Indonesia dan dari AppAnie, Tokopedia merupakan aplikasi jual beli online terdepan di Indonesia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading