Sukses

Lifestyle

Wow! Gerhana Matahari Total Buat Langit Amerika Gelap Gulita

Fimela.com, Jakarta Gerhana matahari total merupakan sebuah fenomena alam yang langka. Pada tanggal 21 Agustus 2017 waktu setempat, warga Amerika Serikat tengah berbondong-bondong menikmati fenomena tersebut. Momen ini menjadi suatu hal yang menarik bagi warga Amerika Serikat. Pasalnya, ini adalah gerhana matahari total yang pertama sejak sekitar 100 tahun yang lalu.

Oregon menjadi negara bagian pertama yang 'disinggahi' gerhana matahari total ini, yakni sekitar pukul 09.00 PDT (pacific day time). Saat itu, bulan mulai turun perlahan menutupi bayang-bayang matahari. Warga Oregon pun ramai-ramai keluar rumah untuk menyaksikan peristiwa langka yang dijuluki Great American Eclipse itu, tentu saja dengan membawa kacamata khusus untuk melindungi mata mereka. Sebab, menyaksikan gerhana matahari dengan telanjang mata bisa mengakibatkan kerusakan fatal!

Sejumlah orang mengabadikan fenomena gerhana matahari parsial di langit New York, Senin (21/8). Gerhana matahari akan terjadi selama 100 menit dan selama dua menit kondisi langit akan gelap gulita di siang hari. (AP Photo/Michael Noble Jr.)

Sekitar pukul 10.20, matahari sepenuhnya tertutup hingga tersisa sebagian kecil korona saja. Suasana pun menjadi gelap seperti ketika senja. Mengutip dari Los Angeles Time, kegelapan terasa tak wajar kala itu. Kendati demikian, jutaan warga Amerika tetap bergembira menyaksikannya.

Dari Oregon, gerhana kemudian bergeser ke wilayah lain di Amerika Serikat selama 90 menit berikutnya. Baru pukul 15.00 EDT, gerhana matahari ini berakhir di South Carolina.

Langit di pantai Isle of Palms, South Carolina berubah menjadi gelap selama fenomena gerhana matahari, Senin (21/8). Gerhana matahari terjadi selama 100 menit dan selama dua menit kondisi langit akan gelap gulita di siang hari. (AP Photo/Mic Smith)

Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, gerhana matahari total di AS terjadi di wilayah 14 negara bagian. Sementara lainnya hanya mengalami gerhana matahari parsial, di mana bulan hanya menutupi sebagian matahari.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading