Sukses

Lifestyle

Sumbawa, Air Terjun Favorit Seleb Dunia dan Eksotisme Tiada Akhir

Fimela.com, Jakarta Bak sekeping nirwana yang jatuh ke Bumi, Sumbawa punya lanskap-lanskap magis yang sanggup membuat siapapun terlena. Ia mungkin tak digemakan senyaring Lombok, pun tak jadi incaran terlalu banyak turis layaknya pulau tetangga Bali tersebut. Namun soal pesona, jangan kira mereka tak bisa sebanding.

Seperti kebanyakan keping wilayah di Nusa Tenggara, bahari masih jadi satu pesona mutlak yang ditawarkan Sumbawa. Garis-garis pantai nan memukau, baik landai maupun berbukit-bukit, semua siap 'memaksamu' untuk bersantai. Sejenak melupakan penat. Sebentar meninggalkan tuntutan-tuntutan nan membebankan di belakang.

Tapi, jangan secepat itu menggambarkan eksotisme Sumbawa, lantaran ia masih punya godaan lain yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah air terjun favorit seleb dunia. Kamu tentunya sudah sangat sadar bukan kalau Indonesia merupakan salah satu destinasi yang sering dilirik public figure luar? Nah, Sumbawa adalah salah satu di antaranya. Inilah tempat-tempat yang akan membuatmu menikmati pesona tiada akhir di Sumbawa.

Air Terjun Mata Jitu. Seakan enggan tersibak secara terang-terangan, primadona di jangtung Pulau Moyo ini tersembunyi di balik jajaran pohon nan rapat. Dalam kesunyian alam sempurna, terselip harmoni gemericik air yang berhasil membius beberapa nama ternama, termasuk Putri Diana dan Mick Jagger. Adalah Air Terjun Mata Jitu, pesona Sumbawa yang siap menambat hati para pemburu eksotisme.

Mantar, Sumbawa, NTB. (Sumber Foto: dokterpengembara/Instagram)

Mantar. Desa di atas awan ala Sumbawa. Ya, itulah Mantar yang bertengger di ketinggian sekitar 660 meter di atas permukaan laut. Dengan paralayang kamu bisa terbang di atasnya dan menikmati hampir seluruh lanskap Sumbawa Barat dan sebagian Lombok nun jauh di seberang laut sana. Bila tak ingin, cukup naik ke puncak gunung terdekat.

Pulau Terpadat se-Dunia Ada di Sumbawa

Pulau Bungin, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. (Sumber Foto: travelicious.co.id)

Pulau Bungin. Rumah-rumah berdiri dengan karang mati sebagai pondasi. Tiada halaman luas, hijau dari tanaman pun tampak seadanya. Tiadalah pulau ini terdengar seperti tempat cantik yang menarik dikunjungi. Tapi, Bungin adalah pulau terpadat sedunia. Sekali lagi, ia lah tanah tinggal paling padat di seantero Bumi. Meski desanya 'biasa saja', tapi laut di sekitarnya tetap cantik, belum lagi kamu bisa bercakap dengan gipsi laut, yakni suku Bajo yang merupakan penduduk Pulau Bungin.

Songkar, Sumbawa, NTB. (Sumber Foto: kknuts_songkar16/Instagram)

Songkar. Sembalun? Bukan. Ini Songkar di Sumbawa. Petak-petak sawah dengan pola sedemikian rupa di sini mungkin saja mengingatkanmu akan lanskap serupa di tanah Lombok sana. Songkar siap jadi paras lain pesona Sumbawa yang akan memadati memori akan keping wilayah di Nusa Tenggara Barat ini. Seperti teriolasi dengan pelukan erat bukit di kanan-kiri, Songkar akan menambat hati dengan begitu mudah.

Pantai Poto Batu, Sumbawa, NTB. (Sumber Foto: frzlswn/Instagram)

Pantai Poto Batu. Menutup hari di Sumbawa dan berniat untuk menyaksikan senja yang spektakuler? Maka, kamu mesti bertolak ke Pantai Poto Batu. Menghirup aroma laut yang bersih, melihat debur ombak kembali secara kontan, juga langit berhias warna-warna menawan di setiap waktu bertambah. Ah rasanya tak ingin meninggalkan bumi Sumbawa. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading