Sukses

Lifestyle

Sederet Sunah Sebelum dan Sesudah Salat Idul Adha, Sudah Tahu?

Fimela.com, Jakarta Memasuki bulan Dzulhijjah, seluruh umat Islam merayakan satu hari raya bernama Idul Adha atau Hari Raya Kurban. Seperti namanya, pada hari raya tersebut, umat Islam dianjurkan untuk menyembelih hewan untuk menjalani perintah Allah kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya dan sebagai bentuk rasa bersyukur pada Allah SWT atas segala karunia-Nya.

Seperti Hari Raya Idul Fitri, saat Idul Adha pun umat Islam melakukan salat yang dilakukan secara berjamaah pada pagi hari. Mayoritas ulama mengatakan bahwa salat Idul Adha adalah sunah, yang mana jika dikerjakan mendapat pahala, tapi, jika tidak dikerjakan pun tidak mendapat dosa. Meski demikian, rupanya salat Idul Adha tak hanya sekadar salat. Lebih dari itu, ada beberapa anjuran yang bersifat sunah pula untuk dikerjakan sebelum dan sesusah salat.

Sejumlah kambing yang dijual di kawasan Kemayoran, Jakarta, Kamis (31/8). H-1 jelang Idul Adha, hewan kurban mulai didistribusikan para pedagang kepada sejumlah pembeli di Ibukota. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Dihimpun dari Himpunan Ahlussunah untuk Masyarakat Islami (Hasmi), ada beberapa amalan sunah yang bisa dikerjakan sebelum dan sesudah salat Idul Adha. Seperti mandi besar, pakai pakaian yang terbaik dan bersih, bagi laki-laki memakai wewangian, tidak makan dan minum hingga selesai salat Idul Adha, perbanyak takbir saat menuju tempat salat, berangkat dengan jalan kaki dan lebih awal agar mendapat shaf paling depan, pulang melalui rute yang berbeda, dan terakhir menyembelih hewan kurban.

Amalan sunnah sebelum dan sesudah Idul Adha. (Sumber foto: Hasmi.org)

Dari sederet sunah-sunah tersebut, sudahkah kamu mengetahuinya dan melaksanakannya? Meski bersifat sunah, yang artinya jika tak dikerjakan tidak apa-apa, namun, bukan berarti kamu bisa mengabaikannya begitu saja. Sebab, dari amalan-amalan tersebut, kamu bisa mendapatkan pahala yang menyempurnakan ibadahmu. Selamat Idul Adha!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading