Sukses

Lifestyle

Sir John Cornforth, Ilmuan Tuli Peraih Penghargaan Nobel

Fimela.com, Jakarta Nama Sir John Cornfort kembali populer seiring dengan peringatan hari ulang tahunnya ke-100 yang dirayakan Google lewat doodle di laman mukanya kemarin (7/9/2017). Menjadi ikon Google Doodle, tentu Sir John Cornforth bukanlah orang biasa, dia adalah seorang ilmuan dibidang kimia peraih Nobel kimia yang kehilangan pendengaran. 

Ya, Sir John Cornforth mengalami masalah pendengaran pada usia 10 tahun di mana ia menderita otosklerosis, penyakit tulang di telinga tengah bagian dalam yang menyebabkan gangguan pendengaran progresif seperti dimuat pada laman metro.co.uk.

Pada usia 20 tahun saat ia mengemban ilmu di Sydney University, Cornforth pun benar-benar kehilangan pendengarannya, namun hal tersebut tak membuatnya berhenti mendalami kimia dengan belajar ddari buku-bukunya dan praktik di labolatoriumnya.

Kegigihannya belajar pun membawanya mendapatkan beasiswa untuk mendapatkan gelar pascasarjana di Oxford University, bersama belahan jiwanya Rita Harradence, ilmuan kimia yang dinikahinya pada tahun 1941.

Sir John Conforth, ilmuan yang jadi Google Doodle. (Sumber Foto: Google)

Dari pernikahan tersebut, Sir John Cornforth dan Rita pun dianugerahi tiga orang anak. Selama masa pernikahan, keduanya pun terus berkarya bersama lewat berbagai makalah ilmuan yang jumlahnya mencapai lebih dari 40 buah yang salah satunya membahas tentang struktur hormon 3D. Kini keduanya tinggalah kenangan di mana Cornforth meninggal pada tahun 2013 dan Rita meninggal setahun sebelum suaminya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading