Sukses

Lifestyle

Ini Alasan Warga Negara Asing Kepincut Sama Meikarta

Fimela.com, Jakarta Sebuah kota terpadu berskala internasional yang dikembangkan oleh PT Lippo Cikarang Tbk, Meikarta ternyata tidak hanya menarik perhatian masyarakat Indonesia. Kehadiran apartemen yang terletak di Cikarang, Jawa Barat tersebut ternyata juga membuat warga negara asing tertarik.

Bukan cuma soal promosi besar-besaran yang dilakukan oleh Meikarta, tetapi juga ada beberapa hal lain yang membuat Meikarta menjadi perhatian mereka, yakni soal harga dan konsep. Setidaknya itulah yang diungkapkan oleh pengamat Indonesia dari Jepang, Toshihisa Komaki, yang sudah puluhan tahun mengamati Indonesia.

Membangun sebuah kota baru, menurut mantan spesialis Indonesia dari Nikkei Shimbun ini, adalah tugas berat dan kalau sukses bisa menjadi tonggak kemajuan besar bagi industri real estate Indonesia. CEO Nusantara Research Institute yang berbasis di Tokyo tersebut juga menjelaskan bahwa Meikarta telah berhasil memancing awareness masyarakat Jepang tentang lahirnya sebuah pemukiman baru di timur Jakarta.

Untuk memperoleh kemajuan besar, katanya, masih memerlukan waktu sejalan dengan kemajuan proses pembangunannya. Kemajuan itu kini sudah berada di tangan Meikarta terbukti dengan kesanggupannya menjual lebih dari 100 ribu unit dalam empat bulan. Sebuah keberhasilan yang belum pernah tercatat oleh siapapun di Indonesia.

Di Meikarta terdapat Taman Terbuka Hijau bernama Central Park seperti di New York, yang menjadi paru paru kota.

ValdezB. Williamson, orang Australia yang pernah lama bermukim di Indonesia ternyata juga memiliki pandangan yang sama. Ketertarikan Williamson dengan Meikarta bahkan ia ingin buktikan dengan membeli sebuah unit hunian bila nanti ditugaskan kembali ke Indonesia. Alasannya pun sudah jelas, menurutnya Meikarta sedang dikembangkan menjadi sebuah kota modern bertaraf internasional.

Berdasarkan konsepnya, di mata mantan diplomat ini, Meikarta sangat cocok untuk kehidupan keluarga dan kesehatan. Semua, katanya, direncanakan dengan seksama untuk kepentingan penghuninya.

Untuk harganya sendiri, orang-orang asing berpandangan sama, kurang menarik. Mereka beralasan, para ekspatriat di Jakarta pada umumnya berpenghasilan jauh di atas rata-rata orang Indonesia, apalagi banyak dari mereka berasal dari negara maju. Kenyataan ini membuat mereka lebih tertarik pada keamanan dan kenyamanan ketimbang harga.

Meikarta bukanlah sekadar pemukiman modern namun juga inovatif. Bahkan jaringan jalannya memakai sistem baru yang belum ada di dunia.

Sebagaimana diungkapkan Komaki san, orang Jepang dan negara-negara maju pada umumnya paling tertarik pada struktur dan bahan bangunan. Bagi mereka buat apa mewah tapi cepat rusak dan tidak tahan gempa. Tapi sepertinya mereka tak perlu meragukan lagi soal itu semua, pasalnya para perancang Meikrata hanya menggunakan bahan terbaik, dan memasukkan unsur tahan gempa bumi dalam semua struktur bangunan.

Dengan demikian, siapapun yang tinggal di Meikarta, termasuk mereka yang berasal dari negara paling maju di dunia, tak perlu khawatir tentang kenyamanan dan keamanan meski harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan dengan yang lain. Meikarta memang dibangun berdasarkan standar keindahan dan kualitas berkelas dunia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading