Sukses

Lifestyle

HUT PMI ke-72: Ini Manfaat Donor Darah yang Harus Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta “Pernah donor darah?” Beberapa hari belakangan ini masyarakat dunia maya banyak yang memposting pertanyaan tersebut. Bukannya tanpa sebab, pasalnya 17 September lalu adalah Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) ke-72, banyak orang yang merayakannya dengan melakukan donor darah. Dan seperti biasa, mengunggah foto saat sedang mendonorkan darah nggak boleh lupa.

Buat yang belum pernah donor darah, sebaiknya kamu coba deh, karena donor darah akan memberikan banyak manfaat buat kamu, selain bertujuan mengenalkan kepada warga akan pentingnya berbagi pada sesama. “Menjaga kesehatan jantung, membuat darah mengalir lebih lancer dan meningkatkan produksi sel darah. Singkatnya, bagi pendonor, donor darah dapat membantu tubuh menjadi lebih sehat dan segar,” jelas dr. Mimin Suminar, salah satu dokter di Klinik KJP Medical Center Depok saat ditemui dalam acara donor darah untuk merayakan HUT PMI ke-72 di klinik KJP Medical Center, Depok, Senin (18/9/2017).

Takut sama jarum suntik menjadi salah satu alasan yang menghalangi seseorang untuk mendonorkan darahnya. Nggak dimungkiri kalau pengambilan darah tersebut menimbulkan sedikit rasa sakit, tapi kamu pasti bisa menahannya. Kalau takut sama jarum suntik kamu bisa mengalihkan perhatian dengan cara mendengarkan musik atau nonton film melalui smartphone kamu, sehingga saat jarum tersebut disuntikan ke tangan, kamu tidak akan terlalu merasa ketakutan.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum melakukan donor darah nih. Pertama, untuk bisa mendonorkan darah, paling tidak umur kamu itu harus 17 tahun hingga 60 tahun dan berat minimal 45 kg. Kedua, sebelum donor darah sebaiknya kamu makan dan minum terlebih dahulu, jangan pernah melakukan donor darah dalam keadaan perut kosong. Perbanyak makanan yang mengandung zat besi itu akan lebih baik.

Acara donor darah merayakan HUT PMI ke-72 di Klinik KJP Medical Center Depok. (Istimewa)

Ketiga, tidur yang cukup supaya setelah melakukan donor darah kamu tidak merasakan badan lemas atau pun pusing. Nah, keempat yang tidak boleh kamu lupakan adalah soal pakaian. Yup, proses donor darah bisa dibilang nggak sebentar, jadi ada baiknya kamu menggunakan pakaian yang nyaman buat kamu bebas bergerak. Sebaiknya gunakan baju dengan lengan pendek. Sudah siap untuk melakukan donor darah?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading