Sukses

Lifestyle

Sambut 1 Muharram, Ini Bacaan Doa Awal Tahun

Fimela.com, Jakarta Sebentar lagi, umat Islam bakalan merayakan hari yang istimewa, yakni merayakan datangnya tahun baru Islam yang akan jatuh pada 21 September 2017. Pada hari tersebut, kalender Islam menandakan tibanya tanggal 1 Muharram 1439 Hijriah. Sudah tahu mau ngapain saat tahun baru Islam nanti?

Tentunya ada beberapa tradisi yang biasa dilakukan oleh umat Islam saat merayakan tahun baru, yakni doa bersama dan introspeksi diri. Merenungkan apa saja yang sudah dilakukan selama satu tahun kemarin, lalu membuat resolusi baik yang akan dilakukan tahun selanjutnya. Yang pasti tahun baru harus memiliki semangat yang lebih baru.

Nah, tentunya sangatlah tidak salah jika menyambut 1 Muharram dengan membaca doa awal tahun. Dilansir dari situs Nu.or.id, Rabu (20/9/2017) di bawah ini adalah lafal doa awal tahun:

 

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

 

“Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Dan atas karunia-Mu yang besar dan mulia kemurahan-Mu, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini.”

“Aku pun meminta tolong-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku meminta aktivitas keseharian yang mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Kapan doa awal tahun tersebut harus kamu baca? Sebenarnya tidak ada ketentuan kapan doa tersebut harus dibaca. Tapi, baiknya doa tersebut dibaca setelah melaksanakan salat Maghrib pada malam pertama bulan Muharram. Selamat Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1439 Hijriah!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading