Sukses

Lifestyle

Hati-hati Kejahatan Skimming Kartu ATM Masih Mengintai Kamu!

Fimela.com, Jakarta Bagi pengguna ATM, tampaknya kamu harus lebih berhati-hati dengan berbagai modus kejahatan yang menjadikan kartu ATM sebagai sasaran kejahatan. Mungkin, kamu sendiri sudah nggak asing lagi dengan modus kejahatan bernama skimming yang mampu menguras saldo ATM terkuras habis.

Modus skimming ini bukan hal baru. Berbekal dengan alat-alat khusus yang dipasang pada bilik ATM tanpa pengamanan CCTV, pelaku kejahatan memasang alat-alat pendukung di mesin ATM. Alat pendukung tersebut kemudian dihubungkan pada sebuah komputer yang berguna untuk merekam data-data nasabah.

Ilustrasi: Melakukan pembelian isi pulsa lewat ATM kini dikenakan biaya. | via: jualantoken.blogspot.com

Jika data-data sudah didapatkan, maka pelaku dengan mudah melakukan penggandaan kartu ATM korban. Ditulis Liputan6.com yang mengutip Bank Tech, teknik kejahatan kartu ATM dengan teknik tersebut pertama kali diketahui pada 2009 lalu di ATM Citibank, Woodland Hills, California. Teknik skimming dilakukukan dengan cara menggunakan alat yang ditempel di tempat memasukkan kartu ATM.

Antre ambil uang di ATM panjang. (Via: aaikhwan.wordpress.com)

Alat skimmer sendiri diketahui bisa dibeli di pasar-pasar gelap yang diketahui oleh kalangan tertentu. Dibanderol mulai dari harga 500 dolar AS, alat tersebut sudah bisa didapatkan. Bahkan, beberapa pelaku ada yang memproduksi sendiri alatnya dengan mudah. Selengkapnya, simak video berikut ini. Tetap waspada, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading