Sukses

Lifestyle

Keistimewaan Puasa Asyura yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan

Fimela.com, Jakarta Besok tanggal 10 Muharram 1439 Hijriah yang bertepatan dengan 30 September 2017 adalah waktunya pelaksanaan puasa Asyura. Kamu sudah tahu keutamaan amalan ibadan sunah ini belum? Jangan sampai menyesal karena kamu melewatkan puasa Asyura.

Kamu harus tahu kalau ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan kalau menjalankan ibadah puasa ini. Ya, puasa Asyura bisa menghapus semua dosa setahun sebelumnya, baik itu dosa kecil, besar hingga dosa yang timbul karena kamu syirik kepada Allah.

Hal tersebut pun terdapat dalam hadis yang artinya Dari Abu Wotadah Al Asnhoriy berkata : “Nabi SAW ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah. Beliau menjawab ‘Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang’. Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa Asyura ? Beliau menjawab : ‘Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu”. (HR Muslim no.1162).

Jadi rugi banget kan kalau kamu sampai melewatkan puasa Asyura tahun ini. Nah sebelum menjalankannya, jangan lupa untuk melafalkan niat puasa Asyura yang berbunyi: ‘Nawaitu sauma asyuro sunnatalillahita’ala’a, dengan artinya : Saya niat puasa hari asyura, sunnah karena Allah ta’ala.

Jangan sampai melewatkan keistimewaan puasa Asyura. (Sumber Foto: getpocket.com)

Sedangkan untuk tata cara pelaksanaan puasa Asyura, melansir laman muslim.or.id ada tiga tingkatan. Pertama, berpuasa sebelum dan sesudahnya. Yaitu tanggal 9-10-11 Muharrom. Dan inilah yang paling sempurna.

Kedua, berpuasa pada tanggal 9 dan 10, dan inilah yang paling banyak ditunjukkan dalam hadits. Ketiga, berpuasa pada tanggal 10 saja. Sekarang sudah tahu semuanya tentang puasa Asyura kan? Selamat menjalankan ibadah puasa ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading