Sukses

Lifestyle

Diet Salah, Organ Tubuh Ini yang Bakal Hilang Fungsi

Fimela.com, Jakarta Saat ingin menurunkan berat badan, sebagian cewek bakal melakukan apa pun sampai berat badan yang diinginkan tercapai. Mulai dari melakukan diet esktrem, operasi yang harganya puluhan juta, hingga olahraga mati-matian. 

Sayangnya, nggak semua cara diet itu baik untuk kesehatanmu. Bahkan, kalau salah melakukan diet, ada beberapa efek samping yang akan kamu rasakana. Dilansir dari Live Strong, banyak cewek Amerika Serikat yang mengalami efek negatif dari diet yang salah. 

Efek negatif itu biasanya berupa penyakit asam lambung, berat badan yang turun drastis, rambut rontok, berhentinya menstruasi, dan bahkan osteoporosis. Timbulnya gangguan kesehatan ini, ternyata juga disebabkan dari salah satu efek negatif terbesaar dari diet yang salah. 

Huffington Post menulis, orang yang melakukan diet sembarangan dan mengalami banyak perubahan negatif pada kesehatannya, ternyata diakibatkan adanya gangguan fungsi organ. Apa saja organ yang bisa kehilangan fungsinya akibat diet salah? 

1. Jantung

Dilansir dari Sa Health, diet yang buruk akan membuat kamu kekurangan nutrisi. Sementara, kekurangan nutrisi bukan cuma bikin kamu lapar dan juga kurus kering, tapi juga bisa kehilangan fungsi pada jantung lantaran aliran darah ke jantung terhambat.

2. Pankreas

Kanker Pankreas: Uji Coba Obat MRK003 Menunjukkan Prospek yang Menjanjikan

Diet buruk nggak selamanya bikin kamu lebih kurus. Kadang, diet yang nggak sehat justru bikin kamu tambah gemuk, atau lemak tubuh bertambah. Ditambah pola diet tanpa olahraga, pankreas akhirnya perlahan-lahan kehilangan fungsinya. Sehingga, tubuhmu nggak bisa mengatur kadar gula di dalam darah. 

3. Ginjal

Batu Ginjal

Ketika kamu mengonsumsi terlalu banyak sodium pada makananmu selama melakukan diet, ginjalmu juga akan menunjukkan efek samping dari diet buruk. Ginjal akan menahan air untuk mengatur keseimbangan sodium dalam tubuhmu. Tapi, ini akan meningkatkan volume darah dalam tubuh dan akan bisa menyebabkan hipertensi. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading