Sukses

Lifestyle

6 Mitos Seputar Lemak yang Harus Semua Cewek Tahu Kebenarannya

Fimela.com, Jakarta Banyak banget mitos seputar kesehatan yang beredar dari mulut ke mulut. Mulai dari soal kesehatan, obat, hingga diet yang katanya sehat dan bisa bikin berat badan cepat turun. Saking banyaknya orang yang menyebarkan mitos tersebut, sebagian banyak cewek akhirnya percaya. 

Mereka, dalam waktu lama, sudah percaya dan menjalani mitos seputar kesehatan tersebut. Di antara banyaknya mitos seputar kesehatan, banyak juga kabar burung seputar diet, terutama soal lemak yang dikira banyak orang jadi biang kerok tubuh gemuk. 

Padahal, lemak juga diperlukan tubuh, lho! Karena itu, kamu tetap butuh makan makanan dengan lemak sehat. Tentunya, nggak boleh berlebih dan ada berbagai trik supaya kamu nggak jadi gemuk. 

Dilansir dari Greatist, lemak justru sebenarnya memiliki banyak manfaat. Selain bikin kamu kenyang, lemak tertentu ternyata juga bisa bikin kamu lebih pintar. Selain itu, lemak baik juga bisa mengurangi risiko sakit jantung. Nah, supaya kamu nggak 'tertipu' lagi, berikut ini beberapa mitos soal lemak yang nggak usah kamu percaya lagi. 

1. Diet Rendah Lemak yang Paling Sehat

 

Banyak cewek percaya soal ini. Tapi sebenarnya, diet rendah lemak itu cuma diperuntukkan orang-orang yang memiliki gangguan kesehatan jantung. Dilansir dari Greatist, kamu yang sehat seharusnya tetap mengonsumsi lemak dari avokad, salmon, minyak zaitun, dan lainnya. 

2. Lemak Bikin Diabetes

Penyebab utama diabetes bukan karena lemak dalam tubuhmu. Tapi rusaknya pankreas sehingga nggak bisa berfungsi dengan sempurna untuk memisahkan gula dengan darah. 

3. Sumber Lemak

Sudah mulai pikun padahal masih muda? Ini 5 hidangan yang bisa meningkatkan daya ingatmu! (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Banyak cewek yang mengira kalau sumber lemak cuma dari lemak daging merah, ikan, susu, dan lainnya. Padaha, banyak banget makanan lain yang mengandung lemak sehat dan bikin tubuhmu sehat. Seperti kacang almon, avokad, minyak zaitun, salmon, dan lainnya. 

4. Lemak Nggak Berguna

Protein, Lemak dan Sayur-sayuran. foto: diogenes-eu.org

Lemak berlebih memang bisa bikin kolesterol dan juga kegemukan. Tapi, lemak sebenarnya dibutuhkan tubuh. Lemak dibutuhkan untuk kerja otak, produksi hormon, dan juga menjaga tubuh agar tetap hangat di cuaca yang sangat dingin. 

5. Kolesterol

Mengurangi kolesterol. (Foto: elevate.com.au)

Makanan yang mengandung tinggi lemak nggak semuanya bikin kolesterol. Dilansir dari Women's Health, cuma lemak jenuh yang berkaitan dengan kolesterol. Sementara jenis lemak lainnya tetap dibutuhkan tubuhmu. 

6. Macam-macam Lemak

Sering dituding sebagai penyebab tubuh gemuk, benarkah nasi putih bikin diet gagal? (Sumber Foto: Shutterstock/TheList)

Banyak orang yang nggak tahu kalau lemak itu memiliki 6 jenis. Essential Fat, Lemak Putih, Lemak Cokelat, Lemak Krem, Lemak Subkutan, dan Lemak Visceral. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Mitos adalah suatu kisah berlatar belakang masa lalu dan dianggap benar-benar terjadi oleh yang menceritakannya dan pengikutnya.

    Mitos

  • Lemak

  • Fakta

Loading