Sukses

Lifestyle

Derita Mbah Sri Mulyani, Hidup Sebatang Kara di Gang Sempit

Fimela.com, Jakarta Facebook Ponorogo Peduli pada 12 Oktober lalu mem-posting beberapa foto yang memperlihatkan seorang nenek dengan rambut berantakan terlihat tengah duduk di dalam rumah yang kotor. Hanya selang beberapa hari, postingan tersebut kini sudah di share sebanyak 9.614 kali dan mendapatkan lebih dari lima ribu komentar.

Ya, itulah foto-foto viral tentang Mbah Sri Mulyani yang kini tengah viral. “RUMAH TERJEPIT NYARIS TAK ADA JALAN MASUK. TIDAK PERNAH KELUAR RUMAH. BUTA TAK BISA MELIHAT. RUMAH HANYA UKURAN 2 X 4 METER. HIDUP SENDIRI SEBATANGKARA. MAKAN MINUM DR TETANGGA DAN KHAS RT (LINGKUNGAN),” itulah sebuah gambaran yang dituliskan oleh akun Facebook Ponorogo Peduli.

Rumah terjepit nyaris tak ada jalan masuk? Kalau kamu masih bertanya-tanya tentang tulisan tersebut, maka silahkan melihat salah satu foto yang diunggah oleh Facebook Ponorogo Peduli. Dari foto tersebut terlihat seorang laki-laki membawa sebuah bungkusan tengah mencoba untuk melewati gang sempit untuk menuju rumah Mbah Sri Mulyani.

“Sepertinya terlalu suit dan panjang untuk bisa menggambarkan kondisi hidup dhuafa yang kita sambangi senja ini. Bagaimana tidak, bu SRI ini sebenarnya hidup di kawasan tengah kota atau kecamatan kota. Tapi... untuk sekadar menemukan bahkan bisa masuk ke rumah mbah e ini saja nyaris tidak bisa,” tulis Facebook Ponorogo Peduli.

Inilah tempat tinggal Mbah Sri Mulyani. (Foto: Facebook/Ponorogo Peduli)

Dijelaskan kalau jalan menuju rumah Mbah Sri Mulyani telah tertutup dari semua sisi. Rumah Mbah Sri Mulyani berada di tengah-tengah rumah lainnya yang tentu saja lebih besar dan tinggi. “Hanya tersisa lorong gang kecil celah bangunan rumah depannya hanya 30 cm saja. Anak atau orang kurus saja sampai harus berjalan miring. Jika masuk dengan memakai tas rangsel, sudah tidak bisa. Hingga kru kita yang berbadan sedikit besar, walau sudah miring tetap tidak bisa masuk ke lokasi. Satu jalaur alternatif lainnya, adalah lewat rumah (dapur) tetangganya.

Saudara Mbah Sri Mulyani Tak Diketahui Keberadaannya

Melihat foto-foto yang diunggah oleh Facebook Ponorogo Peduli pasti langsung bertanya-tanya. Kemanakah saudara-saudara Mbah Sri Mulyani? Kenapa membiarkan Mbah Sri Mulyani hidup sendirian? Facebook Ponorogo Peduli mencoba untuk menjelaskannya.

“Bu Sri ini sendiri karena tidak nikah dan jelas tak punya anak. Sedang saudara entah dimana jluntrungnya. Untuk hidup makan minum kesehariannya dibantu tetangga. Juga diambilkan dan dibantu pihak RT yang mengalokasikan kas arisan untuk biaya hidup mbah e ini. Hingga dijadwal bergantian siapa yang giliran bantu ngopeni makan minumnya.”

Bahkan orang-orang yang ingin bantu Mbah Sri Mulyani pun terlihat sangat kesulitan masuk ke dalam rumah mbah yang ada di dalam gang sempit. (Foto: Facebook/Ponorogo Peduli)

Rumah Mbah Sri Mulyani juga sangat sederhana, tentunya juga sudah tergambarkan dalam foto-foto yang diunggah leh Facebook Ponorgo Peduli. Rumahnya berukuran sekitar 2x4 meter. Ruangan sesempit itu sudah termasuk ruang tidur, duduk, masak, serta kamar mandi atau toilet.

Mbah Sri Mulyani Mendapatkan Bantuan

Foto-fotonya yang langsung viral membuat banyak orang tergerak hatinya dan memberikan bantuan kepada Mbah Sri Mulyani. Rumah Mbah Sry dibenahi. “Alhamdulilah.....Usai Penyerahan Donasi Sumbangan Masuk ke Rekening kita PONOROGO PEDULI Sekaligus Penghentian Donasi lewat Rekening Grup Kita, dapat admin sampaikan bahwa hari ini warga sekitar dibawah koordinasi RT/RW setempat sudah bergerak cepat melaksanakan rehab rumah mbah SRI Mulyani ini,” tulis pemilik akun Facebook Djo Rengezz.

Masyarakat saling membantu memperbaiki rumah mbah Sri Mulyani. (Foto: Facebook/Djo Rengezz)

Rumah Mbah Sri Mulyani memang sudah diperbaiki, namun kini banyak orang yang tengah membujuk Mbah Sri Mulyani untuk mau ditampung dip anti jompo/sosial.Mbah SRI MULYANI tetap tidak mau pindah. Dengan berbagai alasan dan sebab. Semoga rehab rumah segera selesai. Pembuatan akses jalan utama juga segera terwujud. Semua itu tentu tak lepas berkat semua dermawan dan pihak yang telah membantu bersama untuk Mbah SRI MULYANI. Terima kasih banyak buat semuanya. Mari bersama-sama agar semua berjalan lancar dan tidak ada hambatan,” tulis Djo Rengezz.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading