Sukses

Lifestyle

5 Fakta S. Chandrasekhar yang Akan Bikin Kamu Terdiam

Fimela.com, Jakarta S. Chandrasekhar seorang fisikiawan dengan prestasi mendunia ini, tengah menjadi salah satu orang yang paling di cari terkait penampakan dirinya pada laman Google Doodle kemarin (19/10/2017) untuk mengenang jasa dan merayakan ulang tahunnya ke-107. 

Pria kelahiran 19 Oktober 1910 di Lahore, India yang kini adalah Pakistan meninggal di usia 84 tahun karena serangan jantung. Sebagai seorang fisikiawan yang memiliki nama lengkap Subrahmanyan Chandrasekharr ini memiliki banyak fakta menarik dalam hidupnya, yang bisa bikin kamu terdiam karena menganguminya.

Penasaran apa saja? Berikut ini adalah lima fakta menarik tentang S. Chandrasekharr dilansir dari laman Heavy.

1. Anggota keluarga S. Chandrasekhar juga meraih Nobel

Lahir dari keluarga akademisi, S. Chandrasekhar adalah seorang fisikiawan yang meraih Nobel pada tahun 1983. Selain dirinya, sang paman Chandrasekhar Raman yang juga seorang fisikiawan juga peraih Nobel pada tahun 1930.

Google Doodle menampilkan astrofisikawan Subrahmanyan Chandrasekhar (Sumber Foto: Google)

2. S. Chandrasekhar menjadi warga negara Amerika Serikat dan merasa bebas

Pada tahun 1953, usai Perang Dunia II berakhir, S. Chandrasekhar diberi kewarganegaraan Amerika.Sebelum meninggal dunia pada tahun 1995, S. Chandrasekhar sempat mengungkapkan betapa dirinya mencintai Amerika yang bisa memberinya kebebasan untuk melakukan apapun yang ia inginkan.

 

 

3. S. Chandrasekhar gagal bekerjasama dengan Albert Einstein

S. Chandrasekhar adalah salah satu ilmuan asing yang diundang untuk mengerjakan proyek Manhattan di New Mexico, Amerika Serikat. Dalam proyek tersebut S. Chandrasekhar berkesempatan untuk bekerjasama dengan Albert Einstein namun gagal karena terhalang masalah keamanan.

4. S. Chandrasekhar pernah diabaikan

S. Chandrasekhar menerima beasiswa dari pemerintah India untuk melanjutkan kuliah di University of Cambridge, namun hal tersebut tak membuat teman atau dosennya terkesan. Hingga akhirnya S. Chandrasekhar melaporkan penemuannya ke Royal Astronomical Society. Sejak itu ia didorong oleh Sir Arthur Eddington untuk memamerkan dan memberikan kelas kepada masyarakat soal teori "stellar buffonery".

5. Penemuannya masih bermanfaat hingga hari ini

Kecintaan S. Chandrasekhar pada bidang matematika dan ilmu perbintangan membawanya menelurkan sejumlah karya yang hingga kini masih menjadi rujukan untuk mengenal struktur dan evolusi bintang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading