Sukses

Lifestyle

Ini 5 Hal Unik di Perayaan Hari Santri Nasional 2017

Fimela.com, Jakarta Selamat Hari Santri Nasional 2017! Perayaan yang ditujukan untuk mengingat peran para ulama dan santri yang ikut berjuang mempertakankan NKRI ini pun bagitu meriah. Tak hanya santri, berbagai elemen masyarakat pun turut meramaikan perayaan Hari Santri Nasional 2017.

Sejumlah santri dari Pondok Pesantren Ashabul Kahfi membawa bendera Merah Putih saat mengikuti pawai Hari Santri Nasional 2017 di Gunungpati, Semarang (22/10). (Liputan6.com/Gholib)

Untuk memperingatinya, pada 22 Oktober 2017 lalu, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pun menggelar apel di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat. Melansir Liputan6, Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siraj menyampaikan bawa para santri harus punya andil dalam melawan isu hoax yang sedang marak.

Lebih lanjut, ia pun mengatakan bahwa pihaknya akan mengadakan pelatihan seperti jurnalistik, komputer dan internet untuk rekan-rekan kader NU untuk mendukung gerakan tersebut. Keseruan perayaan Hari Santri Nasional 2017 nggak cuma sampai di situ lho, masih ada berbagai hal unik yang harus kamu tahu dan nggak kamu sangka.

Polresta Tangerang memperingati Hari Santri (Liputan6.com/ Pramita Tristiawati)

1. Polisi di Tangeran bertugas mengenakan sarung dan peci

Ya, ribuan polisi di jajaran Polresta Tangerang bertugas mengenakan sarung dan peci untuk memperingati Hari Santri Nasional 2017. Nggak cuma itu, para polwan pun mengenakan kain yang diselempangkan sebagai kerudung.

2. Rekor MURI

Dalam perayaan Hari Santri Nasional 2017, ratusan ribu santri pun berhasil memecahkan rekor MURI Ngaji Kitab Kuning dengan jumlah santri terbanyak, di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu, 22 Oktober 2017. Waaah luar biasa ya!

3. Turnamen Sepak bola Api

Kegiatan ini menjadi salah satu hal yang dilakukan para santri di Brebes Jawa Tengah. Meski ekstrim, namun permainan sepak bola api kerap jadi hiburan para santri saat menuntut ilmu di pesantren.

4. Al Quran Raksasa

Sebuah karnaval yang digelar di Purbalingga, Jawa Tengah untuk merayakan Hari Santri Nasional 2017 menyita perhatian,  di mana terdapat sebuah replika Al Quran raksasa berukuran 3x4 meter yang dibuat oleh santri Madin/TPQ Al Huda, Desa Tlahab Kidul, Kecamatan Karangreja. Replika tersebut pun mampu menarik perhatian masyarakat hingga pejabat yang ingin berfoto.

5. Kemunculan KH Hasyim Asy'ari

Sosok pahlawan Revolusi KH Hasyin Asy'ari muncul di alun-alun Brebes untuk menyerang pasukan sekutu Belanda yang ingin menguasai kembali Indonesia di Surabaya. Eits, itu hanya sebuah drama kolosal kok, yang diperankan oleh Lembaga Seni dan Budaya Indonesia (Lesbumi) dan Koalisi Teater Brebes untuk merayakan Hari Santri Nasional 2017.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading