Sukses

Lifestyle

Ingin Puasa Selama Menyusui? Ini Aturan yang Harus Kamu Jalani

Fimela.com, Jakarta Mom, kamu pasti merasa sangat bahagia dengan lahirnya si buah hati. Yang namanya ibu-ibu, pasti ingin melakukan yang terbaik untuk anak. Termasuk memberikan gizi yang cukup. Namun, kamu yang rajin berpuasa Senin-Kamis, kadang terhambat ibadahnya karena harus menyusui. 

Ya, banyak banget dokter kandungan yang menyarankan ibu muda untuk nggak berpuasa dulu untuk sementara selama menyusui. Tapi, masih ada saja ibu-ibu muda yang tetap ingin berpuasa. Alasannya nggak ingin berhenti beribadah. 

Padahal, banyak ibu muda yang Air Susu Ibu (ASI) miliknya jadi kering selama berpuasa. Nah, menurut dr. Boyke Dian Nugraha dari BoykePedia.com menyarankan untuk berhenti dulu berpuasa. Soalnya, usia bayi hingga 6 bulan semenjak kelahiran sangat penting untuk menerima ASI. 

"Bayi sejak dilahirkan sampai dengan usia 6 bulan, adalah golden periode pertumbuhan otak sang bayi. Meskipun pertumbuhan otak masih terus berlanjut. (Pada masa ini bayi) sangat membutuhkan gizi yang baik. Jadi gizi yang terbaik adalah dari ASI," katanya. 

Mau Tetap Puasa?

Meskipun sudha disarankanuntuk nggak puasa buat ibu-ibu yang sedang menyusui, tapi ada saja beberapa dari mereka yang bersikeras ingin tetap puasa. Nah, dr. Boyke menyarankan untuk menunggu hingga usia anak minimal 4 bulan. 

Selain itu, kamu juga nggak boleh malas untuk makan makanan bergizi. Setiap kali sahur, jangan lupa untuk selalu minum susu. Makan banyak sayur, buah, dan utamakan makanan berprotein tinggi seperti ikan. 

Sementara, kamu juga harus melakukan hal yang sama pada saat buka puasa. Tambahkan susu serta juga kurma. Nah, sebelum tidur, kamu juga tetap harus minum susu lagi. Jadi, dalam sehari selama kamu puasa, kamu harus minum susu 3 kali, ya! Jangan sampai bayimu kehausan karena ASI kering akibat puasa. 

What's On Fimela
Loading