Sukses

Lifestyle

Karyawan Berhenti Merokok, Bos Asal Jepang Beri Hadiah Istimewa

Fimela.com, Jakarta Kebiasaan merokok memang sulit dihilangkan, setidaknya itulah yang selalu dikatakan oleh mereka-mereka yang suka merokok, baik yang perokok ringan atau pun berat. Sebenarnya, hal yang paling dibutuhkan untuk berhenti merokok itu cuma satu kok, yakni niat. Ya, pasti kamu sering dengar kalau banyak orang yang sudah bersusah payah untuk berhenti merokok, tapi gagal lantaran masih saja tergoda.

Kamu tandanya kurang termotivasi tuh! Enaknya sih kalau kamu punya bos kayak di perusahaan asal Jepang ini. Jadi si bos ini akan memberikan bonus istimewa untuk para karyawannya yang berhenti merokok. Kok bisa? Semua itu ada penjelasannya kok. Dan yang pasti semua dilakukan demi kebaikan bersama.

Kesehatan adalah kekayaan. Dalam dunia bisnis ada ungkapan karyawan yang sehat dapat memberikan hasil yang baik di setiap pekerjaannya, dibandingkan dengan mereka yang sakit-sakitan. Sayangnya, banyak kebiasaan yang merusak kesehatan malah menjadi kegiatan yang sulit dihilangkan oleh karyawan.

Kebiasaan buruk tersebut contohnya adalah merokok dan minum-minuman keras. Jika biasanya para bos tak mengurusi soal kebiasaan tersebut, maka bos asal Jepang yang satu ini berbeda. Sadar akan pentingnya kesehatan untuk karyawannya, CEO ini memikirkan segala cara untuk membuat karyawannya berhenti merokok.

Berawal dari Banyaknya Keluhan

Semua berawal ketika seorang pekerja yang tidak merokok mengeluhkan bahwa istirahat untuk merokok telah menyebabkan budaya kerja yang tidak efisien di perusahaan. “Salah satu staf yang tidak merokok memberi pesan di kotak saran perusahaan di awal tahun mengatakan bahwa jeda merokok menyebabkan masalah,” kata Hirotaka Matsushima, juru bicara Piala Inc, seperti dikutip dari Viral4Real.

Hirotika menambahkan,”CEO kami melihat komentar tersebut dan setuju. Jadi kami memberikan beberapa waktu tambahan sebagai kompensasi untuk karyawan yang tidak merokok.” Kebijakan baru pun akan dibuat untuk menyenangkan hati karyawan yang tidak merokok.

Tambahan Hari Libur untuk Mereka yang Tidak Merokok

CEO Jepang tersebut kabarnya akan memberikan enam hari libur ekstra untuk mereka para karyawan yang tidak merokok. CEO PIala Inc Takao Asuka mengatakan kepada Kyodo News,”Saya berharap kebijakan ini dapat mendorong para karyawan untuk berhenti merokok, daripada memberikan hukuman atau pun pemaksaan.”

Sejauh ini, kebijakan tersebut ternyata terlihat sukses besar sejak hari pertama diperkenalkan. 30 karyawan perusahaan telah berhenti merokok di tempat kerja dan setidaknya empat orang benar-benar berhenti merokok sejak saat itu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading