Sukses

Lifestyle

8 Hal yang Jauhkanmu Dari Penyesalan Setelah Berpisah sama Mantan

Fimela.com, Jakarta Hari-hari yang dijalani dengan penyesalan akan sangat menakutkan. Hidup jadi nggak tenang, kebahagiaan pun menjauh perlahan. Dalam hal percintaan, mungkin satu hal yang paling dekat dengan penyesalan adalah perpisahan dengan mantan.

Banyak yang bilang, kita nggak akan tahu gimana berartinya seseorang sebelum kita merasakan kehilangannya. Makanya banyak yang dengan mudahnya menyia-nyiakan pasangan, eh beberapa waktu kemudian mulai kelihatan menyesalnnya. Jeleknya, ketakutan akan penyesalan ini juga yang menghambat jalan seseorang untuk keluar dari hubungan yang nggak sehat.

Hmm, selama kamu merasa putus dengannya adalah yang terbaik untuk dirimu, jangan ragu. Apalagi jika bersamanya kamupun nggak bahagia. Cintai dirimu, selalu jadikan kebahagiaanmu nomor satu dibanding kebahagiaan pasangan.

Hal-hal di bawah ini bisa membantumu terus melangkah maju tanpa penyesalan setelah berpisah dengan mantan. Terapkan yuk!

1. Jangan pernah berpikir kamu salah mengambil keputusan

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Maranatha Pizzaras)

Bagaimana kamu mau terhindar dari penyesalan kalau kamu sendiri masih memiliki ketakutan akan salah mengambil keputusan? Buang jauh-jauh pikiran tersebut! Yakini kalau keputusanmu sudah tepat, dan di depan sana ada sesuatu hal yang lebih baik telah menunggumu.

2. Kamu juga nggak perlu menempatkan semua kesalahan di dirimu

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Becca Tapert)

Jangan pikir, "ini salahku, aku yang nggak bisa mengerti dia," dan lain-lain semacamnya. Kamu hanya perlu yakin kalau kamu dan dia nggak bisa jadi lebih baik ketika bersama. Untuk itu, berpisah adalah keputusan yang tepat.

3. Nggak usah merasa kamulah yang bertanggung jawab atas perpisahan kalian

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/David Preston)

Setiap hal yang terjadi dalam hubungan kamu dan dia adalah tanggung jawab kalian berdua. Mungkin ini hanya tentang siapa yang berani mengambil langkah lebih dulu, dan hanya kamu lebih berani bilang putus; bukan berarti kamu salah.

4. Berhentilah menanyakan

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Alexandre Chambon)

Semua telah terjadi, kamu punya alasan yang mungkin kamu sendiri nggak bisa menjelaskannya. Terus menerus mempertanyakan kenapa akan bikin kamu susah fokus untuk maju, yang ada hanya berkutat di titik itu terus. Gimana mau terhindar dari penyesalan?

5. Ketahui apa yang akan kamu lakukan dalam waktu dekat ini

Ilustrasi Relationship. (Foto: Pexels.com)

Nah, kamu bisa menyesal mengakhiri hubungan jika setelah berani mengambil 'jalur baru' yang berbeda dengannya, ternyata kamu nggak tahu harus berbuat apa. Kondisi itu akan menciptakan ilusi seolah-olah kamu kehilanga arah tanpanya, padahal nggak. Kamu hanya perlu sedikit menyesuaikan diri lagi.

6. Jangan merana ketika melihat dia sudah punya kekasih baru

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Drew Coffman)

Melihat dia dengan kekasih barunya mungkin akan membuatmu sedikit berimajinasi, kalau dia sama kamu mungkin kamu yang akan menerima perlakuan itu. Kalau dia sama kamu pasti kalian akan begini, akan begitu. Jangan! Jangan pernah biarkan bayangan itu menguasai pikiranmu, nanti kamu merana.

7. Nggak perlu membanding-bandingkan hidupmu dengannya

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Kalaupun dia lebih dulu punya pacar baru dibandingkan kamu, so what? Kalau setelah putus denganmu dia malah menemukan jodohnya lalu dia menikah, terus kenapa? Nggak perlu membanding-bandingkan seperti itu. Apa yang ada sekarang adalah yang terbaik yang bisa kamu miliki.

8. Terima fakta kalau kalian berdua sudah jalani hidup sendiri-sendiri

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Fernando Brasil)

Nggak usah lagi menyangkutpautkan hidupmu dengan hidupnya, dalam hal apapun itu. Kamu dan dia sudah berjalan sendiri-sendiri dan kamu harus terima fakta itu sejak awal. Nggak usah dipermasalahkan lagi. Dengan langkah-langkah seperti ini, niscaya kamu akan terhindar dari penyesalan setelah memilih pisah sama mantan. :)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading