Sukses

Lifestyle

Waspada 3 Tanda Ini, Jangan-jangan Gejala Difteri!

Fimela.com, Jakarta Selama kuman dan virus terus berkembang, pasti akan banyak penyakit-penyakit baru. Baru-baru ini, masyarakat Indonesia sedang heboh dan concern banget sama vaksin difteri.

Sebenarnya, difteri sendiri bukan hal yang sangat baru. Tapi, setahun belakangan ini, ada banyak orang yang terkena penyakit mematikan ini. 

Menurut World Health Organization (WHO), tercatat ada 7.097 kasus difteri yang dilaporkan di seluruh dunia pada tahun 2016. Sementara di Indonesia, menyumbang angka 342 pada rekam jejak tersebut. 

Nah, karena sangat berbahaya dan mematikan, pemerintah Indonesia akhirnya menyarankan masyarakat untuk berhati-hati dan melakukan vaksin. Supaya jangan sampai difteri mewabah dan lebih banyak koban berjatuhan. Supaya kamu bisa lebih waspada, kamu harus tahu beberapa gejala yang banyak orang kira radang tenggorokan biasa. 

Demam dan Menggigil

Kalau dulu kamu demam cuma minum obat warung, sekarang jangan disepelekan. Apa lagi kalau demamnya bersamaan dengan menggigil. Dilansir dari Alo Dokter, gejala difteri akan terlihat setelah 2-5 hari usai virus masuk ke dalam tubuh. 

Sakit Tenggorokan

Selain demam, salah satu tandanya adalah sakit tnggorokan. Nah, kadang, banyak orang mengira sakit tenggorokan ini radang biasa. Padahal, kalau kamu sakit tenggrokan disertai dengan demam tinggi dan menggigil, kamu harus hati-hati dan cepat-cepat berobat ke dokter. 

Lapisan Abu-abu pada Amandel

Kalau sakit tenggorokan biasa atau radang amandel, kamu cuma butuh antibiotik dari dokter dan dalam waktu seminggu sudah bakal sembuh. Tapi masalahnya, kadang pasien nggak tahu kalau ada lapisan abu-abu tipis pada amandelnya. Nah, kalau ada tanda ini, kamu harus langsung cepat pergi ke dokter sebelum terlambat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading