Sukses

Lifestyle

5 Fakta Rafflesia Arnoldii, Bunga Raksasa yang Istimewa

Fimela.com, Jakarta Padma raksasa yang memiliki nama latin Rafflesia Arnoldii muncul dalam Google Doodle hari ini untuk merayakan ulang tahunnya ke-25 sebagai bunga nasional Indonesia. Nama bunga Rafflesia Arnoldii patinya sudah nggak asing kan di telingamu, tapi tahu nggak sih bagaimana sejarah dari bunga bankai ini?

Biar nggak sekedar tahu, yuk simak lima fakta dari bunga raksasa Rafflesia Arnoldii berikut ini, yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Ditemukan pada tahun 1818.

Rafflesia Arnoldii pertama kali ditemukan di hutan tropis Bengkulu (Sumatera) di suatu tempat dekat Sungai Manna, Lubuk Tapi, Kabupaten Bengkulu Selatan pada tahun 1818. Penemuan ini pun membuat Bengkulu dikenal sebagai Bumi Rafflesia.

2. Penemu Rafflesia Arnoldii.

Bunga ini ditemukan pertama kali oleh seorang pemandu yang bekerja dengan Dr. Joseph Arnold, di mana saat itu Arnold tengah mengikuti ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles.

3. Asal nama Rafflesia Arnoldii.

Bunga raksasa yang memiliki bau busuk menyengat ini diberi nama Rafflesia Arnoldii, yaitu gabungan dari nama Dr. Joseph Arnold dan Thomas Stamford Raffles.

4. Ditetapkan sebagai bunga nasional Indonesia.

Rafflesia Arnoldii ditetapkan sebagai bunga nasional Indonesia oleh Presiden Soeharto lewat Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993 Tentang Satwa dan Bunga Nasional.

5. Hidupnya tak lama.

Rafflesia Arnoldii memiliki masa hidup yang pendek yaitu sekitar 5-7 hari, di mana setelah masa itu ia akan layu dan mati.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading