Sukses

Lifestyle

Meski Kecil, Kamu Harus Tahu 3 Manfaat dari Biji Wijen

Fimela.com, Jakarta Biji wijen selama ini digunakan sebagai 'penghias' makanan. Misalnya, untuk ditaburkan di atas nasi, di atas kue seerta roti, dan makanan lainnya. Bahkan, pada onde-onde, wijen pun ditaburi di sekliling permukaan kue yang dalamnya kacang hijau tersebut. 

Meskipun kecil dan nggak terlalu ada rasanya, wijen ternyata punya banyak manfaat, lho! Meskipun, dilansir dari Khasiat Sehat, mengonsumsi terlalu banyak wijen bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. 

Karena wijen juga mengandung lemak jenuh dan tinggi kalori, terlalu banyak mengonsumsi biji ini akan membuat dietmu berantakan. Selain itu, juga bisa memengaruhi kesehatan usus. 

Namun, seperti kata banyak orang, semuanya akan menjadi buruk kalau berlebihan. Nah, kalau kamu mengonsumsi wijen dalam jumlah normal, justru beragam manfaat yang bakal kamu dapatkan. 

1. Bantu Menyembuhkan Diabetes

Wijen mengandung magnesium yang sangat tinggi. Kandungan ini bisa mengurangi kemungkinan kamu terkena diabetes. Juga bisa meningkatkan fungsi obat diabetes yang mengatur insulin dan kadar glukosa dalam tubuh. 

2. Cegah Kanker

Meskipun kecil, biji wijen ternyata juga bisa mencegah kanker, lho! Soalnya, ada banyak kandungan di dalamnya yang bisa dijadikan sebagai antioksidan buat tubuh. 

Seperti mineral, berbagai vitamin, kandungan flat, dan anti-karsinogenik. Nah, zat terakhir inilah yang bermain peran banyak dalam memerangi sel kanker. 

3. Bikin Tambah Cantik

Wijen juga banyak mengandung seng yang bermanfaat untuk pembentukan kolagen dalam tubuh. Kolagen ini, sangat dibutuhkan untuk jaringan otot, rambut dan kulit. 

Makanya, kalau kamu rutin makan wijen, kulitmu bakal menjadi halus dan rambut bakal jadi lebih sehat. Kamu juga bisa menggunakan minyak wijen untuk kulit, termasuk kulit kepala. 

What's On Fimela
Loading