Sukses

Lifestyle

Bahaya Minum Obat Diare, Kalau Kebanyakan Bisa Meninggal

Fimela.com, Jakarta Memang, segala hal yang berlebihan nggak baik. Bahkan bisa mengundang bahaya. Termasuk saat minum obat. Obat memang akan mengurangi rasa sakit dan juga meredakan gejala penyakit yang kamu alami. 

Tapi, terlalu banyak mengonsumsi obat justru nggak baik. Salah satu obat yang harus kamu waspadai adalah obat diare. Terlalu banyak mengonsumsi obat anti-diare, seorang pria asal Pennsylvania dikabarkan meninggal dunia.

Pria 29 tahun yang diketahui bernama Arjun Patel itu mengembuskan napas terakhir pada November 2017. Stasiun berita KDKA melaporkan, penyebab kematian Patel akibat keracunan loperamide.

Menurut Food and Drugs Administration (FDA), loperamide yang juga dikenal dengan sebutan Imodium merupakan obat warung (over-the-counter) yang biasa digunakan untuk mengurangi frekuensi diare.

Namun, pihak berwajib belum mengungkap sebanyak apa loperamide yang dikonsumsi Patel ketika diare hingga menyebabkan nyawanya melayang, melansir laman New York Post, Senin (2/4/2018).

Peringatan penggunaan obat diare loperamide

Awal tahun ini, pihak FDA memang mengeluarkan peringatan mengenai bahaya obat tersebut dan merilis panduan aman penggunaannya. Mereka yang membeli obat warung tersebut dilarang mengonsumsi lebih dari 8 mg per hari. Bila pasien memiliki resep dokter, dosis maksimum yang disarankan adalah 16 mg per hari.

"Pasien dan konsumen hanya boleh mengonsumsi loperamide dalam dosis yang disarankan oleh tenaga kesehatan profesional dan menurut label yang tercantum pada kemasan obat. Meminum dosis melebihi yang disarankan bisa menyebabkan masalah gangguan detak jantung parah atau kematian," ujar FDA.

 

 

Penulis: Dyah Puspita Wisnuwardani

Sumber: Liputan6.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading