Sukses

Lifestyle

Kenali Vitiligo, Penyakit yang Bikin Kulit Jadi Belang

Fimela.com, Jakarta Winnie Harlow, seorang model asal Kanada yang nggak biasa. Model yang masih berusia 23 tahun ini menjadi terkenal setelah menonjol di ajang America's Next Top Model dengan kondisi kulitnya. Winnie mengidap virtiligo, di mana kulitnya berubah menjadi putih sebagian. 

Meski sebenarnya kamu pasti sudah melihat kondisi ini di dunia nyata, belum banyak orang yang tahu soal penyakit ini. Virtiligo, dilansir dari Mayo Clinic merupakan sebuah penyakit yang menyebabkan hilangnya warna kulit dalam bentuk bercak-bercak. 

Hilangnya warna kulit ini bisa terjadi di bagian tubuh mana pun. Bida pada wajah, tangan, punggung, perut, dan kaki. Bahkan juga bisa pada kulit kepala, rambut, dan juga bagian dalam mulut. 

Normalnya, warna rambut dan kulit dibentuk oleh melanin. Nah, vitiligo ini muncul ketika sel yang memproduksi melanin mati atau nggak berfungsi. Tak peduli jenis dan warna kulit, vitiligo bisa terjadi pada semua ras dan kalangan. Tapi, kalau kamu memiliki kulit yang gelap, vitiligo ini lebih terlihat, seperti yang terjadi pada Harlow. 

Meskipun kondisi ini nggak membahagiakan nyawa dan menular, tapi kondisi ini bisa membuat banyak penderitanya stres, nggak pede, dan bahkan depresi

Bisa Sembuh?

Sayangnya, kondisi ini nggak bisa disembuhkan. Ketika seseorang mulai mengalami hilangnya warna kulit pada sebagian warna kulit, bercaknya bisa menyebar ke mana-mana. Juga bisa membesar atau melebar. 

Tapi, ada obat untuk memperlambat pelebaran dan penyebaran bercak tersebut. Dilansir dari Cosmopolitan, banyak penderita vitiligo yang kini sudah mulai nggak malu dengan kondisi kulitnya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading