Sukses

Lifestyle

Jarang Orang Tahu, 5 Makanan Ini Tinggi Serat

Fimela.com, Jakarta Kata serat biasanya mengacu pada sayuran hijau. Namun, ternyata bukan cuma sayuran saja yang mengandung serat. Tapi sayangnya, masih ada banyak orang yang belum peduli dengan asupan serat. 

Menurut Food and Drug Administration, orang Amerika Serikat saja masih banyak yang tidak mendapatkan dosis serat yang direkomentasikan yaitu sekitar 30 hingga 42 gram. Padahal, kurangnya serat terkait dengan risiko penyakit seperti jantung, obesitas atau kanker kolorektal.

Walaupun begitu, dilansir dari Men's Health pada Selasa (10/4/2018), bukan hanya sayur atau buah saja yang memiliki kandungan serat tinggi.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang jarang dilirik namun ternyata memiliki kandungan serat yang tinggi.

1. Almond

Almond adalah jenis kacang yang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Setiap satu ons-nya mengandung sekitar 3 gram serat. Padukan dengan sepotong buah sebagai camilan, dan Anda akan mendapatkan kombinasi yang luar biasa menyehatkan.

2. Kacang Hitam

Kacang jenis ini mudah untuk dikombinasikan sebagai makanan sampingan. Satu cangkir kecil kacang hitam atau sekitar 15 gram, menawarkan hampir setengah dari rekomendasi harian serat.

Gandum

3. Raspberry

Buah secara umum merupakan sumber serat yang bagus, namun beberapa memiliki kandungan yang lebih. Raspberry memiliki 8 gram serat per porsi. Tidak hanya itu, mereka juga rendah kalori dan kaya nutrisi. Tambahkan ini ke secangkir smoothie, yogurt, atau sereal.

4. Biji Rami

Yang satu ini memang kurang populer. Namun, biji rami merupakan pembangkit tenaga bernutrisi, dengan lemak omega-3, protein, dan serat. Semua itu cocok untuk dikonsumsi pagi hari. Pastikan untuk yang satu ini, Anda menggilingnya dengan baik.

5. Gandum

Gandum merupakan makanan yang baik untuk menambahkan serat dalam tubuh Anda. Konsistensi dan teksturnya lebih lembut, serta memiliki 6 gram serat hanya dalam sepertiga cangkir. Selain itu, makanan ini juga membuat Anda tetap merasa kenyang.

 

 

Penulis: Giovani Dio Prasasti

Sumber: Liputan6.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading