Sukses

Lifestyle

Bahaya, Ini 3 Bahan Kimia pada Produk Perawatan Rambut

Fimela.com, Jakarta Merawat rambut bagi cewek adalah keharusan. Soalnya, rambut bukan cuma sebagai pelindung kepala, tapi juga mahkota. Nah, mahkota ini, kalau nggak dirawat bakal rusak. 

Rambut rusak sebenarnya ada banyak penyebabnya. Bisa jadi karena kamu kurang protein dan nutrisi lain. Bisa juga karena sering diwarnain dan juga sering dicatok.

Tapi, banyak cewek yang nggak sadar kalau rambutnya yang rusak itu ternyata disebabkan oleh produk-produk perawatan rambut. Ya, produk-produk tersebut ternyata mengandung banyak bahan kimia yang justru bisa merusak rambut. 

1. Parabens

Dilansir dari Huffington Post, parabens banyak sekali digunakan pada produk perawatan rambut. Zat ini biasanya digunakan untuk mencegah bakteri dan jamur pada banyak produk. Berguna, sih, tapi kalau kena tubuhmu, ternyata bisa menyebabkan kanker payudara. 

2. Pewangi

Sampo dan pelembut rambut biasanya wangi banget. Senang rasanya kalau kamu memiliki rambut yang wangi. Tapi sayang, pewangi pada produk kecantika bisa mengganggu kesehatan, seperti dermatitis, alergi, gangguan pernapasan dan lainnya. 

3. Phthalates

Kalau kamu suka pakai hair spray, zat ini. Zat ini merupakan pengacau endokrin dan bisa memicu timbulnya kanker payudara, pertumbuhan terlalu dini pada gadis, dan kerusakan organ reproduksi, baik pada cowok maupun cewek. 

Nah, untuk menghindari zat berbahaya ini, kamu sebaiknya cari produk perawatan rambut yang organik. Jadi, kamu bakal terhindar dari bahan-bahan kimia di atas yang bakal mengganggu kesehatan. 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Fakta Penggunaan DMDM Hydantoin dan Formaldehyde dalam Perawatan Rambut yang Viral di TikTok
Artikel Selanjutnya
Alasan DKI Jakarta menutup 7 sekolah PTM 100 Persen