Sukses

Lifestyle

Amankah Diet Sesuai dengan Golongan Darah?

Fimela.com, Jakarta Berbagai jenis dan prosedur diet telah banyak Anda dengar. Mulai dari diet rendah lemak, rendah kalori, dan juga diet sesuai dengan waktu dan jam yang sudah ditentukan. Tapi, pernahkah mendengar diet golongan darah?

Diet yang ditemukan oleh Peter D'Adamo, dokter naturopati dan penulis buku Eat Right for Your Type, menimbulkan pertanyaan. Apakah diet dengan cara itu aman?

Menurut Sonya Angelon, R.D., juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, Amerika Serikat, diet tersebut aman.

Pada dasarnya, diet golongan darah merekomendasikan mengonsumsi makanan yang sehat, namun tidak meminta untuk menghilangkan seluruh kelompok makanan.

"Ini merupakan pergeseran dari makanan tertentu, ke pilihan yang lebih sehat," kata Angelone seperti dilansir dari Men's Health pada Senin (16/4/2018).

Selain itu, diet ini merekomendasikan Anda untuk menghindari makanan olahan, sambil memberikan pilihan makan yang lebih baik. Berat badan bisa turun seiring proses tersebut.

"Ini membantu Anda menurunkan berat badan karena fokus pada makanan sehat, serta memaksa Anda untuk mengikuti cara ini. Ketimbang membiarkan perilaku makan normal yang mungkin menyebabkan kenaikan berat badan," kata Julie Upton, pendiri Appetite for Health.

Upton menyarankan, Anda bisa melihat hasilnya dalam seminggu.

Namun, tidak ada bukti kredibel yang mengatakan ada hubungan antara jenis darah yang berbeda, dengan diet dan rutinitas latihan.

Penelitian tentang ini diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE pada tahun 2014. Mereka menganalisis golongan darah dan pola makan pada 1500 orang dan memberikan penilaian, berdasarkan seberapa baik mereka mengikuti diet golongan darah.

Setelah dianalisis, peneliti menemukan tidak ada hubungan antara golongan darah dan manfaat dari diet ala D'Adamo.

Makan dengan baik, tidak peduli golongan darah

Yang terpenting, diet ini mendorong Anda makan dengan baik, tidak peduli jenis darah yang dimiliki.

Menurut Upton, jika Anda menyukai jenis makanan seperti yang direkomendasikan dalam diet tersebut, tidak ada alasan untuk mencobanya. Namun, jika sulit lebih baik jangan melakukannya.

"Prinsip pola makan nabati, terutama dengan buah, sayur, biji-bijian, sedikit gula dan protein dalam lemak dalam jumlah sedang, bekerja dengan baik untuk hampir semua orang yang ingin menurnkan berat badan," kata Upton.

Sehingga, diet golongan darah membantu berat badan turun bukan karena golongan darah mempengaruhi apa yang Anda makan. Hal itu hanyalah rekomendasi variasi olahraga dan makan sehat belaka.

 

 

Penulis: Giovani Dio Prasasti

Sumber: Liputan6.com

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Serba-Serbi Diet, Sebenarnya Apa yang Harus Dilakukan untuk Menurunkan Berat Badan?
Artikel Selanjutnya
Bahaya! Berat Badan Turun Tanpa Diet, Waspada Gangguan Kesehatan Mental