Sukses

Lifestyle

Haruskah Gadget Dinonaktifkan Selama Penerbangan?

Federal Aviation Administration (FAA) mewajibkan para awak kabin menginstruksikan penumpang pesawat untuk menonaktfifkan barang-barang elektronik yang mereka bawa ke dalam pesawat. Barang-barang yang harus dinonaktifkan berupa, CD player, laptop, ponsel, berbagai jenis media player, dan beberapa jenis kamera digital.

Ada beberapa maskapai yang menyediakan fasilitas wi-fi dalam pesawat merekaSaat salah satu penumpang belum menonaktifkan ponselnya, jangan harap pesawat bisa segera lepas landas. Salah satu maskapai di Jepang pernah menunda penerbangannya selama 45 menit karena Pilot pesawat menemukan disfungsi radio komunikasi pesawat. Namun, setelah Pilot mencoba memeriksa semua sistem, mereka tidak menemukan penyebab yang membuat radio komunikasi tidak bekerja dengan baik. Akhirnya, sekali lagi awak kabin mengintruksikan penumpang untuk menonaktifkan ponsel mereka. Setelah itu, radio komunikasi pesawat pun bisa bekerja dengan baik dan akhirnya pesawat lepas landas.

Mengapa kita perlu menonaktifkan semua gadget yang dibawa ke dalam pesawat? Menurut pernyataan dari FAA, sinyal radio yang dipancarkan oleh barang-barang elektronik dapat memengaruhi komunikasi dalam pesawat, navigasi, flight control, dan alat-alat elektronik yang digunakan Pilot selama penerbangan.

Penonaktifkan gadget, kecuali ponsel, lebih ditekankan saat pesawat akan lepas landas dan mendarat. Karena ada beberapa maskapai yang memungkinkan kamu untuk menggunakan laptop selama penerbangan dengan fasilitas wi-fi yang mereka sediakan.

Mengapa hanya saat lepas landas dan mendarat? Menurut juru bicara FAA, Alison Duquette, fase lepas landas dan mendarat adalah fase yang sangat kritis karena pada umumnya kecelakaan pesawat terjadi saat fase ini.

Apakah ponsel dalam keadaan offline sudah termasuk ke dalam kategori nonaktif? Jawabannya: belum! Saat melakukan penerbangan, kamu harus benar-benar menonaktifkan ponsel (ponsel dalam keadaan mati). Karena ponsel yang dalam keadaan offline masih memungkinkan untuk menangkap dan memancarkan sinyal yang bisa mengacaukan sistem navigasi penerbangan.

Nah, buat kamu yang masih suka bandel, mulai sekarang follow the instructions to fly safely!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading