Sukses

Lifestyle

Akhir Tahun Momen Pas untuk Melamar Kerja, Apa Kata Para HRD?

Next

kerjaMomen akhir tahun sudah di depan mata dan tahun 2013 akan datang dalam hitungan hari. Sudah buat daftar resolusi di tahun 2013 nanti? Apakah pindah kerja menjadi salah satu resolusimu tahun depan? Kalau iya, segera wujudkan. Jangan biarkan hanya sekadar menjadi resolusi tanpa hasil, ini waktunya untuk bergerak.

So, kapan sih waktu yang pas untuk melamar kerja? Apakah benar akhir dan awal tahun perusahaan biasanya sedang melakukan rekrutmen untuk mencari karyawan baru? Ops, ternyata untuk melamar kerja, tidak ditentukan oleh awal dan akhir tahun. “Di perusahaan tempat saya bekerja sekarang, kesempatan untuk melamar pekerjaan tidak ditentukan dari awal atau akhir tahun. Karena kebutuhan untuk tenaga kerja baru ditentukan dari request user dan ketersediaan posisi yang ada. HRD juga selalu membuka kesempatan untuk pelamar-pelamar fresh graduate (Graduate Development Program) untuk mengikuti tes yang nantinya akan ditawarkan ke departemen terkait,” Sindi, HRD di sebuah perusahaan makanan.

Next

kerjaNamun, mengapa sebagian orang menganggap akhir tahun sebagai momen yang pas untuk melamar pekerjaan? “Kenapa akhir tahun banyak dikaitkan dengan momen yang pas untuk melamar pekerjaan? Ada beberapa perusahaan yang memang membuka lowongan pada akhir tahun akibat adanya target baru perusahaan di tahun selanjutnya yang membuat perusahaan pun harus menyesuaikannya dengan tenaga kerja mereka,” Ida, HRD perusahaan elektronik.

Mencari pekerjaan tidak harus ditentukan oleh momen-momen tertentu, kebutuhan perusahaan terhadap tenaga kerja adalah kuncinya. Namun, kita tentu tidak tahu kapan sebuah perusahaan sedang membutuhkan sumber daya atau tidak. So, nggak ada salahnya jika kita tetap melamar di tempat yang memang kita inginkan.

Next

kerja“Ketika satu divisi, departemen, section ataupun unit membutuhkan tenaga maka yang akan dilakukan HRD adalah melihat mapping kompetensi dan ketersediaaan sumber daya yang ada dalam perusahaan. Apakah divisi tersebut memang benar-benar membutuhkan tenaga baru atau jangan-jangan mereka sudah memiliki jumlah SDM yang cukup hanya saja beban kerjanya (workload) belum terbagi rata. HRD juga menganalisa apakah kebutuhan divisi tersebut memang harus dipenuhi dengan rekrut tenaga siap pakai atau dapat dipenuhi dengan mengirimkan orang untuk di-"skill up" sehingga kebutuhan divisi tersebut tetap terpenuhi. Kamu bisa tetap mengirim lamaran ke perusahaan yang kamu tuju, walaupun lagi nggak memerlukan tenaga tertentu tapi kalau ada orang yang mengirim lamaran maka bagian rekrutmen tetap harus menyimpannya. Karena setiap rekruter harus memiliki "bank data pelamar". Siapa tahu sewaktu-waktu dibutuhkan, perusahaan bisa memanggil orang tersebut,” Jelita, mantan HRD sebuah perusahaan elektronik.

Nah, buat kamu yang punya resolusi untuk mendapatkan pekerjaan baru di tahun depan, mungkin sekarang saatnya bergerak dan mulai mencari tempat baru yang kamu inginkan. Bukan karena masalah akhir atau awal tahun tapi lebih karena memang kamu ingin segera mendapatkan tempat kerja baru. Siapa tahu Dewi Fortuna sedang berada di pihak kamu di akhir tahun ini. Sehingga, mitos akhir tahun merupakan waktu yang pas untuk mendapatkan kerja baru pun berlaku padamu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading