Sukses

Lifestyle

Stres, Depresi & Schizophrenia, Hilang Berkat Yoga!

Next

yogaBerbicara tentang yoga pasti kita tidak akan bisa lepas dari kepercayaan Hindu dan India. Ya, yoga memang berasal dari ajaran filsafat Hindu yang menekankan pada meditasi. Saat melakukan yoga, kita dituntut untuk bisa memfokuskan pikiran untuk mengontrol seluruh anggota tubuh dan panca indera. Saat ini peminat yoga di Jakarta sudah cukup banyak dan menunjukkan, banyaknya studio yoga yang bermunculan merupakan salah satu buktinya.

Jakarta Doyoga yang terdapat di Jalan Sunda, Studuio Bikram Yoga yang terdapat di Jalan Kemang Selatan, dan Iyengar Yoga Centre Indonesia yang terdapat di daerah Kelapa Gading hanyalah beberapa contoh kecili studio yoga yang tumbuh saat ini. Yoga menekankan pada aktivitas meditasi dan meditasi berhubungan erat dengan kesehatan mental. So, nggak heran jika semakin hari semakin banyak masyarakat perkotaan yang tertarik pada kegiatan ini.

Next

yoga“Belakangan ini saya baru mencoba ikut yoga langsung dengan salah satu master yoga ternama di Indonesia. Belum ada satu bulan saya ikut kelas, saya merasakan perubahan yang signifikan pada diri saya. Saya merasa lebih tenang dan bisa mengontrol emosi setiap kali berhadapan dengan masalah. Sebelumnya saya ini termasuk orang dengan emosi yang mudah meledak-ledak. Merasakan perubahan yang cukup besar, saya pun berusaha sebisa mungkin untuk rutin mengikuti kelas yoga karena untuk saya kesehatan mental merupakan kunci penting keberhasilan kita dalam melakukan apapun,” ujar Okta, 24, freelancer.

Sebuah penelitian dari Harvard University yang diterbitkan pada tahun 2009, Yoga for Anxiety and Depression mengatakan bahwa yoga bisa mengurangi dampak stres berlebihan, mengurangi tingkat kecemasan, dan juga depresi. Aktivitas dalam yoga, seperti meditasi, relaksasi, dan bersosialisasi dengan orang di sekitar sangat membantu untuk mengurangi dampak stres.

Next

yogaPenelitian lain juga membuktikan bahwa yoga merupakan salah satu pengobatan yang cukup menjanjikan untuk meredakan bahkan hingga menyembuhkan masalah kejiwaan. Penelitian yang dilakukan oleh Dr. P. Murali Doraiswamy, seorang profesor dalam bidang psikiatri dan kedokteran di Duke University Medical Center dan diterbitkan dalam Frontiers in Psychiatry menujukkan bahwa yoga merupakan perawatan yang cukup menjanjikan untuk para penderita depresi, schizophrenia, ADHD, mereka yang memiliki gangguan tidur. Penelitian  tersebut juga membuktikan bahwa yoga mengurangi gejala stres yang berfungsi mencegah kita agar tidak menjurus ke arah gangguan jiwa.

Next

yogaUntuk para pemula, bisa mencoba yoga yang ada di berbagai kelas pusat kebugaran. Kelas yoga adalah salah satu kelas yang cukup banyak diminati di pusat-pusat kebugaran. Atau kamu juga bisa mengunjungi studio-studio yoga yang mulai bermunculan di berbagai tempat, misalnya saja di Kemang, Kelapa Gading, dan Menteng. Dan jika kamu merupakan pencinta serta advanced dalam yoga, pastinya kamu tidak boleh ketinggalan dengan salah satu event yoga terbesar tahunan, Bali Spirit Festival, yang tahun ini akan diselenggarakan pada akhir Maret.

Buat kamu yang sudah merasa jenuh, stres, dan mulai tidak bisa mengontrol diri, nggak ada salahnya untuk mencoba olah jiwa dan raga lewat yoga. Selain bisa kembali menyeimbangkan kesehatan mentalmu, kalori yang terbakar melalui gerakan-gerakan yoga yang terbilang nggak mudah juga menghasilkan bonus tubuh yang lebih ramping. Tertarik?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading