Sukses

Lifestyle

Nebengers: Berbagi Kendaraan Via Twitter, Urai Kemacetan Ibukota

Next

nebengersBelum banyak orang tahu tentang Nebengers, kapan sih Nebengers resmi terbentuk?

Nebengers secara resmi terbentuk pada tanggal 7 Desember tahun 2011. Awalnya Nebengers merupakan gerakan sosial yang berfungsi untuk menyebarkan semangat berbagi kendaraan kepada teman-teman. Kita tentu sudah jenuh dengan lalu lintas Ibukota yang semrawut dan fasilitas kendaraan  umum yang tidak memadai. Nah, daripada sekadar mengeluh, menunggu pemerintah untuk melakukan perbaikan transportasi umum dan mengurai macet, ada baiknya kita memanfaatkan sumber daya yang kita miliki, kendaraan pribadi. Ide ini tercetus karena saya ingin masyarakat maju bersama-sama, berdaya guna dan berkontribusi dalam memecahkan masalah transportasi kota.

Mengapa kendaraan pribadi di saat pemerintah dan sebagian orang menggalakan transportasi massal umum?

Seperti yang kita tahu bahwa sebagian besar alat transportasi umum yang kita miliki tidak memadai dan layak. Selain itu, perbandingan jumlah kendaraan umum & kendaraan pribadi adalah 2% : 98%. Karena itu, ada baiknya kendaraan pribadi bisa berkolaborasi dengan kendaraan umum untuk meningkatkan mobilisasi masyarakat.

Next

 

Sebenarnya apa misi besar yang diusung oleh Nebengers?

Slogan kami adalah Car(e) Sharing. Kami sadar kunci untuk mengurangi kemacetan adalah perbaikan fasilitas pelayanan umum dan jumlah kendaraan umum. Misi besar yang kami usung sebenarnya untuk mengakrabkan masyarakat, menciptakan lingkungan untuk berbagi untuk mengatasi masalah kemacetan.

nebengersBagaimana dengan jaminan keamanan para anggota Nebengers?

Kami tahu sebelum memutuskan untuk tebeng-menebeng, keamanan adalah faktor utama, keamanan berkaitan erat dengan kepercayaan, dan kepercayaan juga berkaitan erat dengan reputasi seseorang. Platform yang kami gunakan adalah social media, poin reputasi di website, serta pengembangan komunitas melalui kopi darat. Melalui kopi darat, pengguna dapat dengan sendirinya bertemu dan memverifikasi pemberi serta pencari tebengan. Dan melalui twitter serta poin reputasi di website maka kami bisa mendapatkan ‘reputation capital’. Selain melalui twitter, kami pun melakukan koordinaasi lewat whatsapp group. Jadi, sejauh ini untuk masalah keamanan masih bisa kami pantau dan bisa dilakukan tindakan preventif-nya.

Apakah semua pemberi dan pencari tebengan sudah teregistrasi?

Tentunya belum semua. Mereka yang sudah pernah mengikuti kopi darat tentu kami beri tanda ‘verified’. Selain itu, untuk menjaga keamanan para pengguna, kami juga memantau setiap transaksi karena itulah setiap transaksi harus dengan mention akun @nebengers dan menyebutkan secara detil tempat tujuan. Sebelum me-RT (retweet) seseorang, kami juga punya cara tersendiri untuk filterisasi sebuah akun, seperti mengecek lini masanya, jumlah serta siapa follower dan following-nya. Nah, dari situ akan muncul ‘Reputation Capital’.

Next

 

Apa kata mereka tentang Nebengers?

Setiap orang yang memberi dan diberi tebengan biasanya akan membagi pengalaman nebeng mereka di twitter dengan hashtag #CeritaNebeng dan mention akun @nebengers.

@Dear_Echie: Semenjak #BeriTebengan nggak pernah telat. Sudah 2 hari #BeriTebengan ke @angelinacinde @farouksyah macetpun tetap ceria.

@syifanashiro: Baru saja dapat tebengan dan sampai kantor dengan selamat sentosa. Terima kasih Mbak @Rini_XL

@donnypep: Pagi ini saya & @pheshanti nebeng sama @santokurniawan sampai Sudirman, Beng! Ternyata satu komplek! :)) @nebengers #CeritaNebeng #TeamBekasi

@Rini_XL : @nebengers #beritebengan ke @syifanashiro dapet nasi uduk buat sarapan ... #ceritanebeng

nebengersApakah kopi darat sesaama anggota rutin dilakukan?

Kopi darat tidak selalu rutin. Dalam Nebengers, kami memiliki sistem distrik, setiap distrik dikepalai oleh seorang Lurah. Distrik dibagi berdasarkan domisili tempat tinggal, misalnya saja distrik #TeamJakSel, #TeamJakTim. Distrik kami buat untuk membantu saling verifikasi penebengnya. Nah, yang rutin dilakukan biasanya adalah kopi darat tiap distrik.

Melalui kopi darat, kami memberi kesempatan kepada pemberi dan pencari tebengan untuk saling membangun rasa percaya. Dan untuk memantau setiap transaksi, kami tidak menyarankan melakukan transaksi lewat DM (direct message) kepada para pengguna. Jadi, kalau memang kamu bosan dengan macet dan ingin berkontribusi mengurangi kemacetan Jakarta, kamu bisa bergabung dengan Nebengers. Dan kamu nggak perlu khawatir masalah keamanan serta para pengguna lainnya. Daripada sekadar mengeluh, yuk mulai ikut berkontribusi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading