Sukses

Lifestyle

Pentingnya Rileksasi untuk Atasi Masalah Insomnia

Jakarta Fimelova, apakah kamu termasuk orang yang sering mengalami kesulitan untuk bisa tidur nyenyak di malam hari? Masalah sulit tidur, atau yang biasa kita kenal juga dengan sebutan insomnia, dialami banyak orang yang hidup di perkotaan. Penyakit ini dapat disebabkan oleh gangguan fisik maupun psikis, beberapa di antaranya adalah karena depresi, gangguan kejiwaan, perubahan pola tidur, dan minum terlalu banyak kafein atau alkohol.

Kalau hanya sesekali, insomnia sebenarnya tidak mengakibatkan masalah. Tapi, jika berulang terlalu sering akan menimbulkan permasalahan yang lebih serius, seperti menurunnya tingkat kekebalan tubuh, rentan terkena diabetes, dan penyakit-penyakit dalam lainnya. Untuk mengatasi insomnia memang tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat, terlebih jika penyebabnya adalah karena masalah psikis. Cari tahu cara untuk menghilangkan stres tersebut dan cobalah untuk melakukan beberapa hal yang bisa membuat tubuh dan pikiranmu lebih rileks seperti berikut:

  1. Melakukan olahraga secara teratur

Aktivitas fisik yang menyehatkan akan membuat tubuhmu bekerja dengan lebih optimal dan juga memperkuat daya tahan tubuh.

  1. Kurangi cahaya di ruang tidur

Gunakan cahaya redup agar tidur bisa nyenyak, bahkan jika diperlukan matikan lampunya agar kamar jadi gelap. Cahaya yang redup dapat membantumu lebih mudah terlelap.

  1. Gunakan kasur yang nyaman dan perbaiki posisi tidur

Dua hal sepele ini terkadang suka kita lupakan, Fimelova. Saat memilih kasur, kamu harus menyesuaikan tingkat keempukannya dengan kenyamananmu. Untuk mengetahuinya, cobalah telentang di kasur yang akan dibeli. Apakah posisi tubuh nyaman, tidak ada bagian tubuh yang mendapat tekanan berlebih. Jika tidak ada tekanan pada bagian tertentu, berarti kasur tersebut dapat menopang tulang punggung dan lekukan tubuh sehingga ruas-ruas tulang punggung ada pada posisi netral. Hal ini dapat membantu mencegah gangguan tulang punggung. Setelah itu, pilihlah posisi tidur yang membuatmu nyaman.

  1. Jangan letakkan alat elektronik di dalam kamar

Niat awalnya sih mau memberikan kenyamanan di kamar tidur. Tapi siapa yang menyangka kalau hal ini justru bisa membuatmu susah tidur, Fimelova? Perlu diingat sekali lagi kalau kamar tidur adalah tempat untuk beristirahat. Hindarkan komputer, televisi, home theatre dan lain-lain di dalamnya agar kamu tidak sulit tidur.

  1. Gunakan wewangian bantal

Udara yang bersih di dalam kamar memudahkan kita untuk bisa cepat tidur. Karena itu buka jendela secara berkala untuk mengganti udara kamar yang kotor dengan udara segar dari luar. Kalau memungkinkan gunakan alat pembersih udara. Kamu juga bisa mencoba wewangian bantal yang bisa memberikan efek aromaterapi. Coba deh kamu pakai Durance Pillow Perfume yang mengandung ekstrak alami bunga dan tumbuh-tumbuhan. Kandungannya aman karena 95% mengandung ekstrak alami bunga dan sisanya adalah campuran dari berbagai bahan alami. Wanginya juga bermacam-macam, mulai dari mawar, lavender, lemon, sereh dan masih banyak lagi. Pillow Perfume ini memiliki daya tahan sepanjang malam yaitu sekitar 7 sampai 8 jam. Fimelova, parfum ini juga bisa digunakan untuk mengharumkan tas, tirai, boneka atau ruangan. 

Selamat mencoba, Fimelova!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading