Sukses

Lifestyle

Keindahan Kehidupan Bawah Laut di Pulau Derawan

Jakarta Menyambut liburan Natal dan Tahun  Baru yang sudah semakin dekat, apakah kamu sudah mempunyai tempat tujuan untuk menghabiskan akhir tahun, Fimelova? Jika belum, mungkin tempat tujuan yang akan kami paparkan ini bisa menjadi rekomendasi yang pas buat kamu!

Mendengar kata Kalimantan, pasti sebagian besar orang langsung membayangkan hutan hujan tropis, atau wilayah pertambangan. Tahukah kamu, selain memiliki sumber alam yang berlimpah, Kalimantan juga mempunyai keindahan biota laut yang juga tidak kalah menarik, Fimelova! Salat satu tempat terindah untuk menyaksikan indahnya pemandangan bawah laut di Kalimantan terletak di Pulau Derawan.

Pulau Derawan, merupakan pulau yang berada di Kepulauan Derawan tepatnya di Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau ini memiliki panorama laut yang sangat indah dengan hamparan pasir yang putih serta dihiasi dengan rindangnya pohon-pohon kelapa yang bisa bikin kamu betah buat berlama-lama menghabiskan waktu disini.

Pulau Derawan memiliki taman bawah laut yang diminati oleh wisatawan lokal dan juga wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia. Pasalnya, dalam beberapa tahun ini, Pulau Derawan masuk sebagai salah satu tempat wisata yang paling eksotis di Indonesia. Di Kepulauan Derawan terdapat beberapa ekosistem pesisir seperti terumbu karang, padang lamun, hutan bakau (hutan mangrove). Selain itu juga terdapat spesies yang dilindungi keberadaannya seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, dan beberapa spesies lainnya.

Tidak heran apabila pulau ini menempati urutan ketiga teratas sebagai tempat untuk tujuan menyelam bertaraf internasional dan banyak turis yang menjadikan pulau ini sebagai pulau impian. Permukaan air lautnya memilki gradasi warna biru dan hijau yang sangat memukau, hamparan pasir putihnya pun begitu lembut serta terdapat hutan kecil yang berada ditengah pulau yang merupakan habitat dari berbagai jenis tumbuhan dan hewan.

Untuk menuju Pulau Derawan, kamu bisa masuk melalui Kota Tarakan atau Kota Berau karena keduanya memiliki lapangan udara akan tetapi, buat kamu yang ingin berlibur ala backpacker, kamu bisa masuk melalui Kota Berau karena lebih hemat biaya dan waktu. Buat kamu yang ingin memulainya dari Jakarta untuk ke Pulau Derawan kamu bisa naik pesawat ke Tanjung Redep (Berau), setibanya di Bandar Udara Kalimaru (Berau) kamu harus melanjutkan perjalanan ke Tanjung Batu (lokasi penyeberangan ke Pulau Derawan) menggunakan travel, setibanya di Tanjung Batu kamu harus menaiki speed boat untuk sampai ke Pulau Derawan.

Disini juga terdapat kuliner khas Pulau Derawan yang patut dicoba, seperti Tehe-tehe, Kima-kima, dan Elai. Hmmm....Nama-namanya terdengar asing ya? Tehe-tehe adalah sejenis bulu babi yang bagian dalamnya dimasak dengan campuran nasi. Sementara Kima(kima-kima) adalah sejenis kerang berukuran besar yang dimasak dengan bumnbu segar khas Pulau Derawan. Sedangkan Elai, adalah sejenis buah yang mirp dengan durian yang berwarna oranye tidak seperti durian kebanyakan yang berwarna kekuningan.

keindahan lainnya yang akan kita dapatkan saat berkunjung ke Pulau Derawan yaitu kita bisa berenang dan snorkeling sambil melihat terumbu karang yang indah dengan ditemani oleh ratusan ikan warna-warni. Kalau lagi beruntung, kita bisa melihat penyu dengan ukuran yang besar yang berusia puluhan tahun! Derawan memang menjadi tempat favorit penyu-penyu hijau untuk naik ke pasir pantai dan bertelur, terutama di sepanjang bulan Juli-September. Masih ada keindahan lain lagi, Fimelova. Saat lagi snorkeling, biasanya akan ada ubur-ubur tanpa sengat yang berenang disekitar Pulau Kakaban yang juga masih satu wilayah dengan Pulau Derawan.

Rasanya sudah tidak sabar ya untuk menginjakkan kaki di tempat ini?

 

#pesonaindonesia

image source : www.flickr.com/saifanah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading