Sukses

Lifestyle

Satu Sekolah di India Akan Fokuskan Kebahagian Dibanding Nilai Para Murid

Jakarta Dari tahun ke tahun, fokus masyarakat di dunia sudah semakin berkembang, tak hanya lagi memikirkan sebuah angka, namun lebih kepada kualitas nilai kesejahteraan individu dan alam. Berbagai sekolah yang menggunakan konsep ramah lingkungan (Green School), sebagai salah satu metode pembelajaran muridnya, kini sudah banyak ditemukan. Satu yang baru, dekat Chennai, India, sekolah asrama baru bernama Riverbend akan didirikan. Lain dari sekolah asrama pada umumnya, sekolah ini memiliki tujuan untuk menciptakan murid-murid yang bahagia dan tak terlalu memikirkan nilai akademik. 

Alih-alih satu bangunan besar yang terpusat, lingkungan sekolah ini akan mencakup lebih dari  selusin fasilitas yang ukurannya memang lebih kecil, namun tersebar. Berbagai fasilitas tersebut  dirancang untuk fokus pada pilihan mata pelajaran, seperti matematika, kewirausahaan, sastra, seni, sejarah dan pendidikan jasmani, bahkan meditasi. Tak hanya itu, sekolah yang mulai dibangun pertengahan tahun ini dan diramalkan sudah bisa mulai tahun 2020 nanti, akan membebaskan anak untuk memilih subjek pelajaran, bahkan metode belajar seperti apa yang mereka suka. Guru yang menemani bahkan tidak menggurui, namun menjadi fasilitator yang menjawab pertanyaan para murid. Hal ini juga berarti, tak ada lagi pekerjaan rumah, kecuali bila para murid menginginkan hal tersebut. 

Baca juga :

Semua Negara Bisa Belajar dari Denmark, Bagaimana Buat Masyarakatnya Bahagia

Arsitek utama Riverbend School, Danish Kurani, mengatakan kepada Business Insider, beberapa tempat pembelajaran akan dibentuk senyaman mungkin dan tidak terlalu tinggi, agar mampu menciptakan suasana yang hangat, membuat para murid nyaman dan tidak terpaksa belajar. Tujuan besar sekolah ini adalah untuk mengaktifkan kembali metode pendidikan tradisional yang mampu membangun generasi yang lebih bahagia dan penuh kasih sayang. Kita tunggu apakah sistem pendidikan alternatif ini akan berdampak bagus di masa depan.

Baca juga : 

Black Panther Jadi Film Terlaris Nomor 5 Sepanjang Masa

(pic :Kurani.us)

What's On Fimela
Loading