Sukses

Lifestyle

Seimbangkan Hormon untuk Usus Lebih Bersih dan Sehat dengan Lima Makanan Ini

 

 

Jakarta Pernahkah merasa tubuh tidak fit dan mood berantakan tapi bingung apa penyebabnya? Ternyata ini termasuk salah satu pola makan kita yang perlu diubah . Ya, karena usus bersih dan makanan sehat sangat berpengaruh pada keseimbangan hormon. Saat hormon tidak seimbang, bisa menyebabkan kulit terlihat kusam, jerawat muncul dan mood yang tidak stabil.

Jika kita sudah mengalami hal-hal tersebut dan mengganggu aktivitas juga menurunkan rasa percaya diri, saatnya kembalikan mood bahagia dan kulit sehat. Dimulai dari mengonsumsi makanan penyeimbang hormon berikut ini:

  1. Flaxseed

Flaxseed atau yang biasa kita sebut biji rami, memiliki serat larut yang tinggi yang bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh kita. Selain itu juga Flaxseed mengandung lignan (semacam fitoestrogen) yang merupakan senyawa alami berfungsi mengikat reseptor estrogen dalam tubuh manusia dan membantu mengurangi kelebihan estrogen yang menjadi penyebab beberapa masalah kesehatan. Jika perempuan mengalami kelebihan estrogen berpengaruh pada: PMS, fibroid, benjolan payudara, payudara fibrocystic, dan bahkan kanker payudara estrogen positif.

Disarankan rutin mengonsumsi dua sendok makan flaxseed setiap hari, bisa dicampurkan dengan makanan apapun. Misalnya, untuk topping smoothie atau ditabur di atas nasi.

 

 

  1. Sayuran Hijau

Beberapa macam sayuran hijau juga ada yang mengandung senyawa diindolylmethane (DIM), berfungsi untuk support kadar estrogen sehat. Diantaranya: Brokoli, kubis, kembang kol dan kale. Konsumsi sayuran hijau tersebut dalam menu wajib makanan sehari-hari, karena mampu mengurangi  penyebab endometriosis, PMS, benjolan payudara, dan kanker payudara. Jika tidak suka makan sayur, kita juga bisa ganti dengan suplemen makanan DIM 200mg/ hari.

  1. Sayuran pahit

 

Mungkin sedikit orang yang menyukai sayuran pahit, tapi jangan salah, sayuran pahit juga baik untuk menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh. Nutrisi yang terdapat dalam sayur-sayuran pahit seperti: Dandelion greens, selada air ataua arugula bisa merangsang pencernaan dengan baik, juga menyeimbangkan kelebihan hormon dalam tubuh. Agar pahitnya tidak terlalu terasa, campurkan pada salad atau makanan sehari-hari.

  1. Tunas Brokoli

Tunas brokoli dikenal bagus untuk detoksifikasi dan memiliki sifat anti-kanker, karena tanaman ini mengandung sulforaphane yang tinggi yang mendukung kerja hari dan eksresi hormon yang berlebihan. Untuk pencegahan, konsumsi ¼ cangkir per hari dibuat untuk campuran smoothies atau salad.

 

  1. Sayuran Laut

Gemar mengonsumsi sayuran laut? Good news for you! Rumput laut, wakame dan dulse kaya akan vitamin B  yang sangat penting untuk keseimbangan hormon dan mendukung payudara sehat. Cukup konsumsi rumput laut atau wakame beberapa sendok per-minggu saja sudah baik untuk tubuh, kita bisa campurkan rumput laut atau wakame dengan sup atau sajian makanan lainnya. Semakin ada saja alasan untuk makan sushi, kan?

Baca juga:

5 Tanaman Detoks, Bersihkan Udara Sekaligus Hiasi Interior Rumah

Kenali Berbagai Jenis Keputihan, Ada yang Membahayakan Ada Juga yang Tidak

 

 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
6 Penyebab Tidur Mengorok dan Cara Mengatasinya
Artikel Selanjutnya
10 Kutipan Novel Pulang Tere Liye