Sukses

Lifestyle

Rajin Mengucek Mata Dapat Sebabkan Penuaan Dini dan Terlihat Lelah

 

Jakarta Bekerja sepanjang hari menatap layar komputer, seringkali buat mata kita terasa perih dan gatal. Menggosok mata menjadi satu cara instan agar mata segar kembali dan merasa lebih baik. Padahal, sering menggosok mata itu bisa merusak penglihatan dan kabarnya membuat kita terlihat lebih tua.

Menurut Anupama B. Horne, M.D., kepala bidang ophthalmologi komprehensif di Pusat Mata Duke. “Typically, we feel the urge to rub our eyes when they're itching or irritated—or simply because we're feeling stressed”. Ya, biasanya kita ingin menggosok mata saat merasa Stress atau capek. Horne juga menambahkan, menggosok mata dapat merangsang produksi air mata yang dapat melembapkan mata kering atau kelelahan. Tapi jika kita menggosok mata terlalu keras dan terlalu sering dapat merusak mata dan struktur lainnya.

Bila ada sesuatu yang menempel pada mata, seperti debu atau partikel asing. Otomatis membuat kita refleks untuk menggosoknya dan secara tidak sadar kornea mata robek, kemerahan dan lebih peka terhadap cahaya. Selain itu, terlalu sering menggosok mata menyebabkan kulit di sekitar mata lebih gelap dan membuat mata terlihat kuyu.

Lalu, apakah menggosok mata dapat menganggu penglihatan juga?

"On a deeper level, in some genetically or otherwise predisposed patients, excessive rubbing of itchy eyes can cause progressive thinning and shape change of the cornea, known as keratoconus,” jadi ada kemungkinan berpengaruh pada penglihatan jika secara genetis atau menggosok terlalu berlebihan hingga iritasi. Keratoconus dapat secara signifikan mengurangi penglihatan. Jika itu terjadi, kemungkinan perlu tindakan operasi agar mata normal kembali.

Bagi pengguna kontak lensa lebih berhati-hati saat menggosok mata, karena kontak lensa bisa menggores kornea. Solusinya, untuk mencegah hal-hal tersebut, teteskan obat mata untuk melembapkan mata saat terasa gatal. Coba juga teknik pernapasan agar terasa lebih rileks dan tidak lagi menggosok mata saat stress atau kelelahan. Agar lingkar hitam bawah mata berkurang, aplikasikan eye cream setiap malam dan lakukan massage secara perlahan.

Baca juga:

Rahasia Anti-aging Terbaik Menurut Para Dermatolog

Rekomendasi Face Oil Lokal Pilihan FIMELA

 

 

What's On Fimela
Loading