Sukses

Lifestyle

Hasil Sidang Isbat, 1 Ramadan 1439 H Jatuh pada 17 Mei 2018

Fimela.com, Jakarta Kementrian Agama Republik Indonesia baru saja menggelar sidang isbat buat menentukan awal Ramadan 1439 H atau hari pertama bulan puasa di tahun ini. Rangkaian sidang pun dimulai pukul 16.00 WIB di kantor Kementrian Agama, Jakarta Pusat, Selasa (15/5/2018).

Sedangkan presentasi posisi hilal pukul 17.00 WIB.  Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin pun akhirnya mengungkapkan penatapan awal bulan puasa atau 1 Ramadan 1439 H menjelang pukul 19.00 WIB.

Hasil dari hisab dan seluruh peserta sidang isbat sudah menyepakati bahwa hari Kamis tanggal 17 Mei 2018, umat muslim Indonesia sudah mulai berpuasa yang artinya sudah memasuki 1 Ramadan 1439 H.

Seperti dilansir dari situs resmi Kemenag, sidang isbat dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Sementara itu, Lembaga Masyarakat Islam Amerika Utara (ISNA) dalam situsnya memperkirakan hari pertama puasa akan dimulai pada Rabu (16/5/2018) waktu setempat. Dan diperkirakan pula muslim di Amerika Serikat akan merayakan Idul Fitri pada Jumat, 15 Juni 2018. 

Dan untuk di Jepang, umat Islam baru akan memulai puasa pada hari Kamis (17/5/2018) waktu setempat. Facebook Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII) Jepang sudah menyebarkan informasi terkait jadwal salat, imsak dan juga berbuka puasa.

Dengan sudah ditetapkannya 1 Ramadan 1439 H oleh pemerintah melalui Kementrian Agama Republik Indonesia yaitu mulai 17 Mei 2018, mari kita sambut dan isi bulan puasa dengan beragam amal dan kebaikan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading