Sukses

Lifestyle

Curhat Pembaca: Cuma Dimanfaatkan Untuk Kepentingan Dia?

Fimela.com, Jakarta Dari: Lidya Arumwati

dear bintang.com, nama aku lidya. aku punya teman dekat di kelas 1 orang. kami dekat sejak masa orientasi dan skrg kami udah semester 3. hubungan kami baik banget, normal si kayak anak2 kampus pada umumnya.

di kelas bareng, pulang main bareng. ya gmn si selayaknya orang shbtn aja. cuma ada satu yang ga aku suka yaitu kalo giliran ada tugas, mereka kayak cuma diem aja trus nyerahin semuanya sm aku. aku yg repot ngerjain, mereka kayak terima jadi gitu.

apa mereka cuma manfaatin aku ya?? apa akunya aja yang lebay? tp itu beneran kejadian. tiap ada tugas aku yg paling repot. sering bgt aku yg ngerjain trus mereka tinggal ngprint aja gitu kak.

shbtn sama mereka enak bgt tapi jujur aku ga suka bagian ini. bukannya aku mau pinter sendiri tp kan kalo tugas brg ya harusnya dikerjain brg. kalo dia ga bisa, aku gpp kok ngajarin/diskusi. kalo aku bikin sendirian aku keberatan. huhu, gimana ya. aku mau ngomong tp takut dia tersinggung. tolong bantuin aku rangkai kata2 buat ngomong sm dia kak. makasih.

***

Dear Lidya,

Kalau kamu memang menganggap dia sahabatmu, baiknya kamu langsung utarakan ke dia apa yang kamu rasa soal ini. Kamu bisa langsung menegurnya, apalagi kalau memang kondisinya seperti yang kamu bilang.

Sahabat Itu Menegur Jika Salah, Membantu Saat Dibutuhkan

Tidak baik memendam perasaan tidak suka terhadap sahabat sendiri, kalau sahabatmu memang salah; katakan langsung padanya, di depannya. Sahabat itu jujur, baik maupun buruk, suka maupun tidak suka.

Anggaplah dia begitu karena memang dia tak mampu mengerjakannya, kalau kamu membiarkan dia begitu, sama saja kamu membiarkan dia tidak bisa terus-terusan. Lalu bagaimana kamu menyadarkan dia supaya belajar?

Tegur, itulah caranya. Dia mungkin akan tersinggung, tapi membiarkan dia terus begitu hanya demi dia tidak tersinggung juga bukan pilihan baik. Sebagai sahabat, kamu harus membantu dia.

Cara Menegur yang Baik Agar Dia Tak Tersinggung

Saat kamu dan dia dapat giliran mengerjakan tugas bersama lagi, kamu jangan langsung mengiyakan saat dia minta kamu yang mengerjakan semuanya. Coba tegus lewat ajakan, misal, "Kerjainnya bareng aja lah, yuk. Kamu bisanya kapan, aku ikut jadwalmu saja." Kalau dia terus mengulur waktu, mungkin ada baiknya sesekali kamu biarkan, mungkin sampai tugas itu lewat deadline. Tapi, kamu juga harus terus mengingatkan dia untuk mengerjakannya bersama.

Jika dia tidak menyadari teguran halusmu, coba dengan kata-kata lebih tajam, "Ngerjain bareng aja yuk, kalo nggak bisa kan jadi sekalian kita pelajarin sama-sama."

Tegur dia, mungkin dia tersinggung. Tapi kalau dia memang menganggapmu sahabatnya dia pasti tahu kok kalau maksudmu baik. :)

 

 

***

Punya masalah percintaan yang bikin galau? Curhatin aja! Kirim curhatanmu ke redaksi@bintang.com. Jangan lupa tulis subject emailnya: CURHAT PEMBACA BINTANG, ya. Curhatanmu akan dijawab dan kamu bisa lihat jawabannya di www.bintang.com/relationship. Ditunggu!

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
6 Tips Mudah Menghadapi Teman yang Egois