Sukses

Lifestyle

Mantap, 5 Sikap Ini Tunjukkan Kamu Sudah Jalani Hubungan Asmara dengan Dewasa!

Fimela.com, Jakarta Semua orang bisa ngaku-ngaku menjalin hubungan asmara dengan seseorang, tapi tak semuanya benar-benar menjalani sebagai mestinya dua orang yang bersatu atas nama cinta dan komitmen untuk bersama. Dua anak PAUD juga bisa ngaku pacaran, masalahnya, apa mereka sudah cukup dewasa untuk memenuhi perannya sesuai porsi yang dibutuhkan?

Ya, menjalin hubungan kan bukan cuma soal pengakuan, bukan cuma soal ke mana-mana berduaan, tapi soal upaya-upaya saling menyesuaikan agar benar-benar bisa menyatukan dua orang dan berbagai hal tentang diri masing-masing, untuk bisa menjaga satu hal fundamental bernama komitmen.

Butuh kedewasaan untuk tahu bagaimana peran dirinya dalam hubungan dan bagaimana cara mempertanggungjawabkan peran itu. Kedewasaan juga bukan hanya soal umur, melainkan kestablilan mental, dan ada banyak faktor lain yang memenuhi turunannya.

Yang sudah mencapai quarter life belum tentu sudah dewasa secara mental, yang masih berusia 17 tahun pun belum tentu tidak lebih paham soal komitmen dari yang berusia tua. Semua adalah tentang pengalaman dan kemauan belajar.

Nah, kamu sendiri bagaimana? Sudah cukup dewasa belum dalam menjalani hubungan asmaramu? Kalau sikapmu seperti lima poin yang disebutkan di bawah ini sih, mantap lah! Kamu sudah terbilang dewasa dalam menjalin hubungan asmara.

Tanda Kamu Sudah Terbilang Dewasa Jalani Hubunganmu

1. Tak ada drama perkara menunggu kabar, kamu tahu kamu selalu bisa bertanya lebih dulu

Tak perlu lagi kamu ngambek atau galau sendiri menanti dia memberimu kabar. Kamu punya kontaknya, kamu tahu ke mana harus menghubungi dia, tidak ada masalah untuk memulai percakapan atau tanya kabar lebih dulu.

2. Berkencan tak harus di malam minggu

Remaja-remaja baru tahu pacaran sih wajar kalau menganggap malam minggu itu sakral buat berkencan. Jadi tiap malam minggu, wajib ada jadwal pergi ke manamana sama pacar. Kalau kebetulan tidak bisa, marah deh. Nah, kalau kamu sudah tak merasakan itu alias "ya sudah sih kencan kan bisa kapan saja," selamat, kamu sudah mulai menjalin hubungan sebagai orang dewasa!

Menjalin Hubungan dengan Dewasa Juga Tentang Cara Pandang

3. Setiap kamu merasa ada yang salah, kamu mengutarakannya tidak menuntut dia memahami tanpa kamu jelaskan

Salah satu ciri orang kekanak-kanakan dalam menjalin hubungan adalah dia berpikir pasangannya harus mengerti apa yang dia rasakan, termasuk ketika ia tak mengutarakannya sedikitpun kecuali lewat sikap yang tahu-tahu berubah. Orang yang sudah berpikir dan bersikap dewasa tahu, komunikasi itu perlu.

4. Cemburumu tak lagi membabi buta

Kamu tahu kamu serius menjalani hubungan tersebut dan begitu pula dengan dia, dan bagimu itu sudah jadi cukup alasan untuk sama-sama percaya bahwa satu sama lain mampu jaga sikap dan tahu batas untuk bersikap di hadapan cewek/cowok lain. Hal tersebut sama dengan tak ada lagi alasan untuk cemburu membabi buta pada tiap cewek yang dekat dengan pasanganmu, meski itu cuma mbak kasir minimarket.

5. Kamu realistis soal hubungan

Tidak mentang-mentang kamu begitu menyayanginya lantas kamu mengesampingkan semua kekurangan dan kesalahan dalam hubungan itu demi bisa bersama. Apa yang salah, kamu diskusikan dan cari jalan keluarnya bersama. Apa yang kurang, kamu tingkatkan agar cukup.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading