Sukses

Lifestyle

Fakta Unik: Ini Alasan Banyak Tokoh Kartun Berwarna Kuning

Fimela.com, Jakarta Setiap orang tentu pernah menonton kartun, tak hanya saat berada di masa kanak-kanak, meski sudah dewasa nyatanya ada banyak orang yang terus menjadikan kartun sebagai tontonan favoritnya. Bicara soal kartun, sadar nggak sih kalau ada banyak sekali tokoh yang berwarna kuning.

Ya, The Simpsons, Spongebob, Winnie The Pooh, Pikachu, Tweety, dan minions menjadi beberapa deretan tokoh katun berwarna kuning yang digemari banyak orang. Tapi, kenapa warna kuning ya yang dipilih untuk karakter-karakter tersebut.

Nah, untuk menjawab pertanyaan di atas, ternyata alasannya tak sederhana lho, di mana ada penjelasan ilmiah mengapa kuning banyak dipilih sebagai warna karakter tokoh utama dalam kartun, seperti dijelaskan oleh Jacob Atkinson dalam lewat saluran YouTube-nya ChannelFrederator.

1. Teori Warna

Alasan pertama yang membuat warna kuning banyak dipilih untuk karakter tokoh utama dalam sebuah kisah kartun adalah warna ini paling menonjol diantara warna-warna lainnya.

Ya, hal itu bisa kamu buktikan dengan membuat roda warna dari warna-warna primer seperti merah biru dan kuning. Kemudian tambahkan warna sekunder dan tersier. Dari situ kamu pun akan mendapatkan warna komplementer yang mengacu pada kuning dan ungu.

Selain itu, jika di televisi ada roda warna utama berisi warna merah, biru dan kuning (RGB). Dalam istilah RGB, warna komplementer kuning adalah biru, di mana warna-warna ini akan membuat satu sama lain menonjol dan menarik, kemudian kerap dipilih sebagai warna karakter dan latar dari sebuah film atau tayangan kartun.

2. Psikologi warna

Selain karena warna kuning lebih menonjol dari pada warna lainnya, alasan lain adalah soal psikologi warna di mana konteks budaya menentukan warna yang cocok pada seseorang.

Namun warna kuning umumnya digunakan untuk menggambarkan energi, kegembiraan dan hal positif lainnya. Coba saja kamu lihat tokoh Minions di Despicable Me atau Joy dalam film Inside Out, apa yang kamu rasakan?

3. Mudah menarik perhatian

Coba lihat ada berapa banyak warna kuning di sekitarmu.Seperti saat di jalan, di mana ada banyak tanda peringatan atau rambu-rambu lalu lintas yang menggunakan warna kuning.

What's On Fimela
Loading