Sukses

Lifestyle

Supaya Nggak Khilaf, Ini Tips Belanja Lebaran

Fimela.com, Jakarta Selain musim mudik, jelang Lebaran masyarakat Indonesia juga mengenal yang namanya musim belanja. Baju baru memang nggak diwajibkan saat merayakan Idul Fitri, tapi beberapa masyarakat Indonesia setiap tahunnya jelang Lebaran akan memenuhi mall-mall atau pusat perbelanjaan untuk membeli baju Lebaran.

Nggak cuma baju untuk Lebaran, tapi ada hal-hal lain yang harus dibeli untuk memeriahkan hari raya, mulai dari ketupat, rendang, opor ayam, hingga beragam camilan manis yang lebih banyak ditemukan saat Lebaran. Beruntung saat pengeluaran membludak di bulan Ramadan ada yang namanya tunjangan hari raya atau THR.

Tapi apakah kamu harus menghabiskan uang gajian plus uang THR untuk persiapa Lebaran? Tentu saja nggak perlu. Ada baiknya kamu tetap menyisihkan sedikit uang untuk kehidupan di bulan selanjutnya. Jangan sampai kamu khilaf belanja hal-hal yang tidak dibutuhkan jelang hari raya.

Belanja tanpa adanya kontrol malah akan membuat kamu menyesal dikemudian hari lho. maka dari itu, sebelum terlambat, ada baiknya kamu menjalankan beberapa tips supaya nggak gila belanja ini. Berhemat bukan berarti pelit, kita memang harus jaga-jaga untuk menghadapi hal tak terduga, kan?

1. Apa yang Benar-benar Kamu Butuhkan

Sebelum pergi ke pusat perbelanjaan ada baiknya dari rumah kamu sudah mencatat segala hal yang kamu butuhkan untuk Lebaran nanti. Ingat ya, yang kamu butuhkan, bukan hal-hal yang nggak penting yang cuma memuaskan keinginan kamu saja. Misalnya saja kamu lebih membutuhkan kerudung untuk Lebaran dibandingkan dengan kalung. Ya, kamu beli kerudung saja.

2. Jaga Mata dari Hal-hal yang Berbau Diskon

Diskon 70+20%, buy one get two, dan berbagai macam cara pusat perbelanjaan lainnya untuk menarik perhatian para pembeli sebaiknya harus kamu waspadai. Kalau pun harganya memang murah, tapi sekali lagi, kamu hanya berbelanja sesuai dengan catatan yang sudah kamu buat.

Dan perlu diketahui bahwa sebenarnya tidak ada diskon yang benar-benar mencapai 70 persen atau bahkan lebih. Pasti ada strategi lain yang sudah dibuat oleh pusat perbelanjaan sehingga mereka tetap mendapatkan untuk dari penjualan barang-barang saat hari raya.

3. Hemat, Hemat dan Hemat

Ada satu hal yang harus selalu kamu tanamkan dalam pikiran ketika berbelanja, yakni “hemat”. Mau ada godaan diskon sebesar apa pun kalau kamu sudah menanamkan mindset hema, maka sudah dapat dipastikan kamu tidak akan pernah bisa tergoda.

Takut tiba-tiba tergoda? Bawa uang secukupnya supaya kalau memang ngiler sama sesuatu kamu jadi tidak bisa membelinya lantaran uang yang dibawa untuk belanja Lebaran pas banget.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading