Sukses

Lifestyle

Sifat Insecure dalam Hubungan Bisa Jadi Sumber Masalah, Atasi dengan Cara Ini!

Fimela.com, Jakarta Toxic yang bisa merusak hubungan ada banyak macamnya, salah satunya adalah sifat insecure. Kamu tentu sudah paham dong, kalau insecure ini tidak baik dipelihara?

 

Dari sisi yang terdampak sifat insecure itu, ketidaknyamanan sudah pasti terasa. Lambat laun dia pasti akan merasa kalau hubungan dan komitmen itu akan mengganggu kebebasan serta kebahagiaan hidupnya.

Psikologisnya sebagai individu juga pasti terganggu jika terus menerus menghadapi pasangan yang insecure itu. Sifat insecure yang mengurungnya akan cenderung membuat dia memberontak, tapi dengan cara yang salah.

Di sisi lain, orang yang insecure juga takkan menemukan ketenangan dalam hubungan tersebut. Sama siapapun, bergonta-ganti pasangan pun, ia akan tetap gelisah. Sebab sumber kegelisahan itu ada di dalam diri sendiri, bukan di diri pasangan.

Tak ada satu pihak pun yang akan diuntungkan dengan sifat insecure dalam hubungan. Jadi, ngapain sumber masalah seperti itu dipelihara?

5 Cara Mengatasi Perasaan Insecure

1. Kalau memang ada sesuatu tentang dia yang mengganjal di hatimu, utarakan saja

Kebiasaan mencerna dan mengolah informasi sendiri itu tidak berguna dalam hubungan. Justru, kamu harus belajar berbagi. Ceritakan padanya apapun yang kamu rasa. Terbukalah, agar dia juga bisa membantumu menghadapi perasaan itu dan kalian bisa mengatasinya bersama.

2. Kalau punya rasa curiga atau cemburu ke salah satu teman perempuannya, jadikanlah perempuan itu temanmu juga

Pihak ketiga seringkali jadi pemicu. Tidak apa-apa, wajar, asal jangan terus menerus dibenarkan. Segera ketika kamu menyadari ada rasa cemburu atau curiga ke teman perempuannya, berusahalah berteman dengan dia. Jangan malah langsung memusuhi.

3. Berusahalah untuk bersikap dan berpikir seperti dia

Salah satu cara untuk bisa berdamai dengan segala situasi dalam hubunganmu, yang nantinnya juga akan membuat sifat insecure itu hilang, adalah dengan berusaha bersikap dan berpikir seperti dia. Dengan begitu mungkin kamu akan lebih mengerti dan bisa menyeimbangkan peran dengan dia.

Tingkatkan Kualitas Diri

4. Lakukan sesuatu yang kamu senangi dan bisa membuat kamu merasa baik

Biasanya, sifat insecure itu muncul karena merasa diri sendiri tidak lebih baik daripada pasangan atau orang-orang yang berada di sekitarnya. Untuk itu, cobalah kamu lakukan segala yang bisa membuatmu meras lebih baik, lebih berharga, juga lebih percaya. Atur goals untuk kehidupan pribadimu dan curahkan pikiranmu ke sana. Dengan begitu kamu jadi tidak ada waktu dan energi untuk khawatir berlebihan dalam hubungan.

5. Stop membanding-bandingkan

Nah, yang satu ini juga wajib kamu terapkan. Membandingkan diri sendiri sama orang lain takkan ada habisnya. Lebih baik kamu fokus melakukan yang terbaik untuk dirimu. Kalau kamu merasa baik dengan diri sendiri, ke orang lain pun akan demikian. Jadi, bye bye deh sama sifat insecure. Hubungan yang kamu jalani pun bisa lebih stabil dari sebelumnya.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Anies Baswedan Sampaikan Kabar Baik, Jakarta 0 Kematian Akibat Covid-19 Selama 24 Jam
Artikel Selanjutnya
Hari ini, 1.509 Sekolah di DKI Jakarta Gelar PTM Terbatas