Sukses

Lifestyle

Ancam Nyawa, Berapa Jam Batas Tidur Terlalu Lama?

Fimela.com, Jakarta Berapa lama kamu tidur setiap harinya? Biasanya, orang dewasa membutuhkan waktu untuk tidur selama 5-8 jam sehari. Namun, ada juga yang doyan tidur seharian atau paling nggak sampai 10 jam. 

Seperti kurang tidur yang akan memengaruhi kesehatan fisik dan mental, ternyata tidur kelamaan juga berbahaya, lho! Parahnya, tidur lebih dari 8 jam, kala sering-sering kamu lakukan, bisa meningkatkan risiko penyakit jantung yang membahayakan nyawa. 

Dilansir dari Prevention, hal tersebut ternyata merupakan hasil sebuah penelitian yang dilakukan para penelti dari Manchester, Leeds University, dan University of East Anglia. 

Liputan6 menulis, salah satu peneliti utama studi, Dr. Chun Shing Kwok mengatakan kepada Mirror kalau tidur berlebihan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. 

"Penelitian kami memiliki dampak kesehatan masyarakat yang penting karena menunjukkan bahwa tidur berlebihan adalah penanda peningkatan risiko kardiovaskular," katanya, seperti dikutip dari Liputan6. 

 

Gangguan Pernapasan

Selain itu, Liputan6 menulis, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of American Heart Association, tidur yag berlebihan, yaitu lebih dari 8 jam pada orang dewasa, membuat dokter mempertimbangkan untuk melakukan skrining

Skrining ini dilakukan untuk melihat risiko kardiovaskular yang bisa mengganggu apnea dan mengarah ke gangguan pernasapan. 

Pasang Alarm

Kamu susah bangun pagi dan cenderung tidur lebih dari 8 jam? Selain mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, cobalah untuk membiasakan diri untuk tidur 8 jam saja setiap hari. 

Meski sulit, kamu harus mengusahakannya, ya! Bisa dengan menggunakan alarm atau juga meminta bantuan kepada orang lain untuk membangunkan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading