Sukses

Lifestyle

3 Resep Gula Merah untuk Redakan Berbagai Penyakit

Fimela.com, Jakarta Siapa sangka, ternyata gula juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tapi, gula yang punya banyak khasiat ini bukan gula pasir atau gula-gula yang terkandung dalam makanan dan minuman kemasan. 

Apa lagi gula buatan yan kadang rasanya bisa sampai pahit. Gula yang baik untuk kesehatan merupakan gula merah atau gula jawa. 

Dilansir dari Hello Sehat, gula yang berwarna merah kecokelatan ini biasanya dijual dalam bentuk silinder. Biasanya, tekturnya sangat padat dan kadang malah sangat keras, sampai sulit untuk membelahnya. 

Gula merah terbuat dari sari pohon kelapa atau getah palma. Kalau kamu suka makan makanan kuliner Indonesia, gula jawa sering digunakan sebagai salah satu bahan utama. 

Misalnya, pada getuk dan juga gemblong. Selain rasanya manis, gula merah ini juga ternyata bermanfaat untuk kesehatan, lho! Bahkan bisa dibuat sebagai salah satu bahan ramuan agar jauh dari berbagai penyakit. 

Obat Sariawan

Ternyata, gula merah juga bisa menjadi obat untuk mengatasi sariawan. Dilansir dari Vemale, kamu cuma butuh segelas kunyit asam yang dimasak menggunakan gula merah. 

Ramuan ini sudah lama digunakan nenek moyang untuk mengatasi sariawan dan panas dalam. Gula merah pada ramuan ini berfungsi mendinginkan suhu tubuh. 

Batuk dan Demam

Batuk dan demam juga bisa diredakan dengan gula merah. Caranya, seduh saja gula merah dengan air panas. Lalu, campurkan pada makanan seperti bubur atau makanan lain. 

Gula merah ini membantu mengencerkan dahak dan meredakan batuk. Jadi, kalau batuk jangan langsung minum obat, girls. Pakai ramuan ini yang lebih alami dan juga efektif. 

Nyeri Saat Datang Bulan

Nyeri saat haid? Banyak cewek yang mengonsumsi ramuan kunyit asam. Nah, di dalamnya terkandung gula merah. 

Gula merah juga bisa meredakan nyeri yang datang tiap bulan ini, lho! Selain itu, cobalah untuk stop minum-minuman dingin yang bisa meningkatkan nyeri saat menstruasi. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading