Sukses

Lifestyle

Nonton Asian Games 2018, Warga Jepang Punguti Sampah yang Dibuang Sembarangan

Fimela.com, Jakarta Gelaran Opening Ceremony Asian Games 2018 yang dihelat pada Sabtu (18/8/2018) malam memang telah usai. Namun hingga kini kemeriahan acara tersebut masih menjadi pembicaraan publik, tak hanya masyarakat Indonesia, tetapi juga masyarakat luar negeri. Hal tersebut terbukti dari berbagai pemberitaan media asing.

Pertunjukan spektakuler dengan setting panggung yang menggambarkan gunung berapi itu sepertinya telah memikat hati, baik mereka yang menonton langsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) atau yang menonton dari televisi maupun live streaming. Namun ada satu hal yang kini juga tengah menjadi viral.

Masih terkait dengan Asian Games 2018, tapi kali ini bukan membicarakan kemegahan pembukaan Asian Games 2018, melainkan beberapa foto yang memperlihatkan dua orang tengah memunguti sampah yang dibuang sembarangan, lalu memasukkannya ke tempat sampah. Foto-foto tersebut dapat dilihat diunggahan akun Twitter @motikatrok.

Bersama tiga foto yang diunggahnya, @mtikatrok memberikan keterangan,”Mungutin punting rokok yang berserakan di bawah pohon, dan membuangnya ke tempat sampah.. mereka ini tamu dari negeri tetangga. Apa kita nggak malu?”

Di foto pertama terlihat seorang anak tengah memunguti puntung rokok yang dibuang di bawah pohon. Anak itu terlihat tak jijik sama sekali. Lalu difoto kedua terlihat ada seorang anak laki-laki yang ikut membantu memungut puntung rokok yang dibuang sembarangan tersebut. Difoto ketiga, anak laki-laki itu terlihat membuat sampah botol plastik ke tempat sampah yang memang diperuntukan untuk sampah plastik.

Memang tidak ada keterangan yang menjelaskan jika foto tersebut diambil saat ajang Asian Games 2018 berlangsung. Dalam postingan itu juga tidak dijelaskan kapan dan di mana foto tersebut diambil. Namun, akun Facebook Edu Kusen yang juga mengunggah foto yang tengah viral tersebut menuliskan,”Kejadian di hari pertama Asian Games 2018. Ahlak yang baik dari penonton Jepang.”

Dikomentari Masyarakat Dunia Maya

Beragam komentar yang dikicaukan masyarakat dunia maya yang melihat postingan yang diunggah oleh akun Twitter @motikatrok. Tak hanya mengomentari soal foto warga jepang yang memunguti sampah saat Asian Games 2018, tetapi juga mereka menceritakan pengalaman menghadapi para perokok yang suka seenaknya sendiri.

“Yang tukang ngerokok dan suka buang punting rokok sembarangan udah nggak bakal punya malu. Apalagi yang sambil naik motor terus buang abu yang kadang masih ada apinya, nggak lihat dibelakangnya ada orang juga,” komentar akun Twitter @komengtartor. Akun Twitter @zoesche pun melanjutkan,”Terus abunya masuk ke mata, giliran dimarahin malah marahan dia. Aku nggak apa-apa.”

Belajar Buang Sampah dari Masyarakat Jepang

Foto-foto warga Jepang yang memungut puntung rokok saat penyelenggaraan Asian Games 2018 tentunya menjadi tamparan keras bagi masyarakat Indonesia. Di Jepang sendiri dari kecil masyarakatnya sudah diajarkan untuk disiplin, bukan cuma disiplin waktu tetapi juga disiplin dalam membuang sampah.

Tak hanya sekadar membuang sampah ke tempat sampah, masyarakat Jepang juga terbiasa membagi sampah ke dalam empat kategori. Jadi, sampah-sampai harus dibuang sesuai dengan kategori atau tempatnya. Setiap jenis sampah memiliki jadwal pembuangannya sendiri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading