Sukses

Lifestyle

Usia seseorang mulai mengambil langkah menghadapi penuaan

Fimela.com, Jakarta Berdasar dari temuan survei, “2018 Asia Pacific Healthy Aging Survey”. Survei ini dilakukan pada Agustus 2018 yang lalu dengan melibatkan sekitar 5.500 responden berusia 40 tahun ke atas di 11 negara seperti Australia, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam.

Saat ditanya perubahan gaya hidup apa yang paling penting guna menghadapi pertambahan usia dan proses penuaan dengan sehat, 89% responden Indonesia mengatakan bahwa akan lebih baik dalam memilih jenis nutrisi yang akan dikonsumsi. Sementara di posisi kedua 76% responden juga setuju bahwa melakukan aktifitas yang menstimulasi mental lebih banyak dapat membantu mereka mendapatkan fase penuaan dengan sehat.

Sementara, kurangnya motivasi menjadi alasan utama bagi mayoritas responden (49%) belum memulai mengambil langkah untuk menghadapi fase penuaan. Dan 37% dari responden juga menyatakan bahwa keterbatasan waktu menyebabkan mereka masih belum memulai untuk mengambil langkah positif untuk manghadapi masa penuaan.

Ketika ditanya, hal apa yang akan memotivasi mereka dalam menerapkan aktifitas fisik lebih sering untuk menghadapi penuaan, 76% responden mengatakan bahwa mempunyai pemahaman lebih baik tentang peran aktifitas fisik terhadap proses menua dengan sehat, akan memotivasi untuk melakukan aktifitas fisik lebih sering.

“Saat ditanya tentang siapa yang akan memberikan dorongan motivasi secara positif dalam menghadapi fase menua dengan sehat, mayoritas responden Indonesia menyatakan keluarga akan memberikan pengaruh paling besar,” ujar Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia Andam Dewi, dalam konferensi pers, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Disusul di urutan kedua (49% responden) menyatakan teman akan memberikan pengaruh positif kepada mereka dalam menghadapi fase penuaan yang sehat.

Menghadapi proses penuaan

Kemudian, saat ditanya pada usia berapakah, seseorang harus memulai mengambil langkah yang tepat untuk menghadapi pertambahan usia dan menua dengan sehat:

• 63% menyatakan usia 40 – 45 tahun adalah rentan usia yang tepat.

• 13% menyatakan usia 46 – 50 tahun adalah rentan usia yang tepat.

• 12% menyatakan usia 51 – 55 tahun adalah rentan usia yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading