Sukses

Lifestyle

Tumis Atau Goreng, Manakah Pilihan yang Lebih Sehat?

Fimela.com, Jakarta Banyak orang menyukai makanan yang digoreng, namun banyak juga yang menghindarinya karena alasan kesehatan. Beberapa orang memilih menumis makanan dibanding menggorengnya. Namun seperti apa bedanya dan mana yang lebih sehat?

Dilansir dari Health Clevelandclinic, menggoreng adalah proses memasak menggunakan minyak goreng dalam jumah banyak dan dengan suhu panas tinggi untuk memasak makanan. Umumnya menggoreng juga menggunakan waktu lama.

Sedangkan menumis adalah proses memasak menggunakan sedikit minyak dan dimasak relatif dengan waktu singkat menggunakan api sedang hingga besar. Berdasarkan penjelasannya saja, sudah cukup jelas jika memasak dengan cara menumis adalah pilihan lebih baik.

Menurut banyak penelitian, menggoreng menjadi proses memasak yang tidak baik karena memicu radikal bebas tinggi dan menurunkan nutrisi. Sedangkan menumis dianggap menjadi pilihan memasak yang lebih baik karena lebih rendah memicu radikal bebas.

Tak peduli minyak mana yang digunakan, usahakan selalu menggunakan sesedikit mungkin. Akan lebih baik lagi jika makanan bisa dikukus, direbus atau dipanggang tanpa minyak dan arang karena lebih rendah lemak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading