Sukses

Lifestyle

4 Sebab Utama Cerai Menurut Psikologis

Fimela.com, Jakarta Pasangan mana sih yang ingin bercerai? Rasanya setiap suami istri ingin agar pernikahannya senantiasa langgeng sampai maut memisahkan. Namun, jika memang sudah tak bisa diselamatkan lagi, perceraian memang dianggap sebagai jalan terbaik demi kebaikan bersama.

Ada banyak sekali alasan yang bisa membuat pasangan suami istri bercerai, dan akhir-akhir ini sepertinya semakin banyak orang yang memutuskan bercerai daripada mempertahankan pernikahan. Nah, berikut ini adalah empat penyebab utama mengapa banyak pasangan cerai menurut para psikolog.

  • Sebab pertama adalah karena kurangnya komunikasi antara keduanya. Ketika pasangan tak ada yang mau bicara, entah itu karena ego masing-masing, untuk menghindari konflik atau menghindari membahas masalah yang tak nyaman, kurangnya komunikasi ini bisa jadi salah paham yang berakibat fatal. Komunikasi yang kurang atau bahkan tidak sama sekali akan memperbesar jarak suami istri. Masalah juga tak akan kunjung selesai jika tidak ada komunikasi dari keduanya.
  • Jika memiliki perasaan negatif jangan disimpan. Menyimpan perasaan negatif itu buruk, bukan hanya untuk fisik namun juga mental. Tapi juga jangan selalu mengeluarkan pemikiran dan perasaan negatif terhadap pasangan pasti akan membuat atmosfer menjadi panas, dan pertengkaran pasti akan selalu muncul. jika memang ada yang dirasa kurang menyenangkan dan mengganggumu lebih baik segera utarakan namun dengan cara yang baik-baik dan bukannya emosi. Hindari saling menyalahkan dan bertengkar.
  • Menunjukkan rasa sayang meskipun sepele namun efeknya sangat besar dalam hubungan suami istri. Ketika suami atau istri kurang mendapat rasa sayang di rumah, mereka akan cenderung mencari penghargaan dan rasa sayang itu di luar rumah. Perselingkuhan akhirnya tak terhindarkan. Inilah yang menjadi salah satu sebab utama mengapa perceraian terjadi.
  • Jika suami tak merasa membutuhkan kehadiran istri lagi, perlahan ia juga kan kehilangan rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap istrinya. Waktu bersama yang kurang ini akan membuat pasangan jadi menjauh dan menghindar satu sama lain. Ini juga bisa jadi pemicu terjadinya perceraian suami istri.

Jangan sampai hal ini terjadi dan menghancurkan pernikahan yang dibangun dengan penuh cinta ya Sahabat Fimela. Selalu tebarkan rasa sayang dan juga perhatian untuknya. Semoga pernikahanmu selalu langgeng selamanya.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Studi: Pasangan yang Bertemu secara Online 6 Kali Lebih Mungkin Cerai di Tahun-Tahun Awal Pernikahan
Artikel Selanjutnya
Rumor Cerai Nick Jonas dan Priyanka Chopra Muncul, Ibunda Buka Suara