Sukses

Lifestyle

10 Menu Makanan Lezat Yang Hanya Ada di Indonesia

Ngomongin Indonesia belum lengkap kalau belum ngomongin soal makanannya. Tak hanya disebut surga karena pantainya yang indah-indah dan dikagumi oleh wisatawan, soal makanan Indonesia ini juga salah satu surga makanan tradisional. Dengan olahan bumbu rempah-rempahnya, Indonesia punya banyak menu spicy food yang bikin lidah bergoyang.

Uniknya lagi, di setiap daerah memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri soal makanan. Sebut saja kota Malang, kalau berkunjung ke kota lahirnya KapanLagi.com ini belum makan bakso, belum ke Malang namanya. Kota Malang beken dengan menu bakso Malang yang tak ada duanya. Sekalipun di luar kota banyak yang menggembar gemborkan menu bakso Malang, wah rasanya dijamin berbeda deh.

Sebenarnya memang ada banyak menu makanan yang khas ada di Indonesia, namun kali ini kami akan menyebutkan 10 di antaranya saja. Hmmm... bagaimana? Sudah tergiur duluan? Simpan rasa lapar Anda dan siapkan waktu memilih menu makanan lezat yang hanya ada di Indonesia ini.

(vem/bee)

Bakso Malang

Sudah disebut tadi, bakso Malang memang tiada duanya. Dengan kuah kental atau bening sesuai selera, siap menghangatkan perut yang sedang lapar. Ada pilihan mie sebagai pelengkap, di antaranya mie kuning, atau mie bihun. Sedangkan sayur juga disediakan beragam, mulai dari kol, sawi, atau selada.

Uniknya lagi, Anda harus mencoba bakso bakar yang menjadi salah satu tradisi kota Malang. Diolah dengan cara membakar di atas arang dan disiram bumbu spesial, rasa bakso bakar ini sayang apabila dilewatkan. Beberapa bakso favorit kami adalah bakso bakar ABM di jalan Candi Trowulan, bakso bakar Pak Man atau bakso bakar di jalan Pahlawan Trip.

Soto Betawi

Sebenarnya ada banyak soto yang disajikan khas menurut daerah masing-masing. Tetapi kali ini kami memilih menu soto Betawi.

Soto Betawi sendiri tak seperti soto lainnya. Ia memiliki kuah kental berwarna putih kekuningan karena di dalamnya diwarnai dengan santan. Soal daging yang dipakai, soto betawi bisa disajikan dengan menggunakan daging sapi, kambing ataupun ayam. Dengan racikan yang dipenuhi dengan daun bawang dan bawang goreng, membuat lidah merasa dimanjakan. Jangan lupa, ada kerupuk emping yang tak boleh dilewatkan.

Nasi Goreng

Menu yang satu ini mungkin ada di beberapa negara lain. Lantas apa specialnya? Bila nasi goreng adalah menu yang umumnya ada di resto, di Indonesia nasi goreng ini juga menjadi salah satu menu penyelamat bagi anak kos nih.

Abang-abang penjual nasi goreng menjajakan nasi gorengnya dengan membawa gerobak dan meracik nasi goreng yang siap saji dan siap santap. Menjajakannya, ada yang membawa kentongan, ada yang memukul-mukul wajan, dan ada pula yang berteriak-teriak "nasi gorengggg...."

Gado-Gado

Ada yang menyebut gado-gado sebagai Javanese Salad. Entah datang dari mana nama tersebut, tetapi sebenarnya tidak salah juga karena gado-gado berisi campuran potongan sayuran seperti selada, wortel, kentang, jagung, bayam mentimun, tomat dan taoge. Ada pula potongan lontong, tempe dan tahu dan diakhiri dengan remahan kerupuk yang disiram dengan bumbu kacang.

Jakarta, terkenal dengan kota asal menu makanan yang kerap diincar oleh wisatawan asing ini. Mudah ditemukan dan diterima perut, gado-gado juga kabarnya menu yang sehat karena potongan sayurannya.

Gudeg

Jalan-jalan ke Jogja belum lengkap kalau belum mencicipi menu khas Jogja yaitu gudeg. Merupakan perpaduan sayur nangka muda yang dimasak dengan santan dan gula merah, gudeg dilengkapi dengan aneka lauk lain saat disajikan. Seperti ayam goreng, tempe goreng, telur rebus hingga kerupuk kulit sapi.

Namanya juga menu Jogja, rasa masakannya cenderung manis dan legit. Dinikmati dengan nasi hangat, wah Anda tak akan bisa menolak untuk menambah lagi, lagi dan lagi.

Rawon

Menu Rawon ini tiada duanya deh. Berasal dari Jawa Timur, menu ini mengandalkan dua bahan utama yaitu kluwek/keluwak/kluak dan daging sapi. Warna kuahnya menjadi hitam pekat akibat kluwek/keluwak/kluak tadi, namun rasanya tak sehitam penampilannya.

Menu yang asyik disantap dengan nasi hangat ini, menggunakan bahan bumbu lain yang cukup nendang seperti bawang merah, ketumbar, daun bawang, dan sereh.

Opor Ayam

Berbahan dasar ayam, kentang, telur dan kuah bersantan, opor biasanya disajikan dengan ketupat di bulan Ramadan.

Kuahnya kental dengan taburan bawang merah goreng, dengan sentuhan rasa ketumbar, kunyit dan santan yang khas dan bikin kangen. Menu ini tiada duanya lho, selalu cocok di lidah disantap kapanpun.

Pempek

Soal Pempek, Palembang adalah juaranya. Pempek ini menggunakan bahan dasar ikan yang diolah dengan tepung dengan aneka bentuk unik. Ada yang disebut kapal selam, ada yang disebut lenjer, dan umumnya disantap dengan kuah encer yang terbuat dari saus cuka dan gula.

Selain itu, ada tambahan mie dan acar di dalamnya yang membuat santapan pempek ini tidak membosankan dan beraneka rasa. Menunya saat bercampur di lidah sangat seimbang karena ada rasa gurih, manis, asam dan asin sekaligus.

Rendang

Kalau Palembang punya pempek, Padang beken dengan menu Rendangnya.

Merupakan menu berbahan dasar daging yang diolah dengan aneka rempah seperti ketumbar, kunyit dan aneka bumbu dapur lainnya, menu satu ini kaya rasa dan sangat legit. Rasanya memang cenderung asin, dengan kuah pekat yang menempel karena bumbu yang digunakan banyak. Biasanya dagingnya lembut dan meninggalkan rasa lezat di lidah saat disantap dengan nasi hangat.

Gorengan

Kalau soal gorengan, hampir di seluruh wilayah di Indonesia punya gorengan khas sendiri. Ada gorengan berbahan tempe yang disebut mendoan atau tempe menjes, ada pisang goreng, ketela goreng, ada pula heci atau disebut juga bakwan sayur.

Menikmati gorengan hangat ini beragam caranya, ada yang menggunakan sambal merah, ada pula yang menggunakan cabai hijau atau sambal petis, semua kembali ke selera masing-masing.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading