Sukses

Lifestyle

Sudahkah Anda Tahu Etika Ketika Sedang Naik Pesawat Terbang?

Pesawat terbang adalah alat transportasi yang kini banyak dipilih karena cepat dan harganya juga relatif terjangkau. Dengan beberapa ratus ribu rupiah, Anda kini sudah bisa mencapai tempat tujuan hanya dalam hitungan jam. Bayangkan bila harus menggunakan alat transportasi darat atau laut yang membutuhkan waktu berkali lipat dari waktu tempuh pesawat terbang. Tidak heran kini banyak sekali maskapai penerbangan dan jadwal penerbangan yang padat setiap harinya.

Banyak kasus yang terjadi seputar dunia alat transportasi udara ini. Mulai dari koper yang hilang di bagasi, koper tertukar, penumpang yang melakukan kekerasan terhadap pramugari sampai ada yang bertengkar dengan pramugari. Naik pesawat memang harus lebih berhati-hati daripada transportasi yang lain karena satu kesalahan kecil saja bisa berakibat fatal untuk pesawat itu sendiri.

Bila Anda kerap menggunakan pesawat terbang sebagai alat transportasi untuk bepergian, maka Anda wajib tahu etika apa saja yang sebaiknya dilakukan ketika naik pesawat terbang agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

1. Matikan gadget

Bila Anda membawa Handphone, iPad, dan segala macem gadget lainnya yang memancarkan sinyal telekomunikasi maka harus dimatikan. Sinyal telekomunikasi bisa mengganggu sistem navigasi pesawat dan akibatnya sangat fatal, pesawat bisa jatuh dan tentu akan sangat merugikan banyak orang bukan?

2. Jangan berisik

Wanita suka sekali mengobrol. Berbincang di dalam pesawat boleh saja, namun jaga volume suara agar tidak mengganggu penumpang lain. Ada baiknya mengobrol dengan teman satu bangku saja, jangan dengan yang duduk jauh dari bangku Anda.

3. Menuruti instruksi Pilot dan Pramugari

Setiap sebelum terbang, Pramugari akan memberikan beberapa instruksi seperti kapan harus melepas dan mengencangkan sabuk pengaman serta arahan bagaimana cara memakai pelampung bila kejadian yang tidak diinginkan terjadi. Dengarkanlah baik-baik agar Anda tidak luput bila harus melepas atau mengencangkan kembali sabuk pengaman atau bila dalam kondisi darurat, Anda bisa menggunakan pelampung dengan benar.

4. Perhatikan anak Anda

Mengajak bayi dan balita naik pesawat memang tantangan tersendiri. Mereka bisa saja tiba-tiba rewel atau malah menangis kencang. Hal ini tentu mengganggu penumpang lain. Pastikan anak Anda dalam kondisi sehat dan kenyang saat naik pesawat agar mereka tidak rewel. Bila masih bayi, segera berikan susu bila sudah menunjukkan tanda-tanda lapar.

5. Memundurkan kursi dan mengambil bagasi

Perlu diingat bahwa Anda naik pesawat bersama ratusan penumpang lain. Bila Anda akan menaruh barang di kabin dan kesulitan, Anda bisa meminta tolong kepada Pramugari. Jangan sampai Anda menyita waktu orang lain dengan menaruh barang terlalu lama. Selain itu, memundurkan kursi terlalu mundur juga akan mengganggu penumpang lain yang duduk di belakang Anda.

Ladies, sebenarnya memenuhi etika untuk naik pesawat tidak susah kok. Bila Anda dan seluruh penumpang menaati etika ini, niscaya bepergian dengan transportasi udara satu ini akan lebih aman dan menyenangkan.

BACA JUGA

Sakit Hati Dilecehkan Belasan Tahun, Preeti Potong Kelamin Pemerkosanya

Pria Meninggal Karena Alat Kelaminnya Memanjang Setelah Selingkuh

Selain Dibaca, Kamus Juga Bisa Jadi Bahan Dress Cantik Lho

Berduaan di Hotel Saat Bulan Ramadan, Pasangan Kekasih Ditangkap Polisi

Remaja Ini Tega Tikam Semua Anggota Keluarganya Sendiri

Cerita Tragis Dua Gadis Remaja Dilecehkan 7 Pemuda Yang Sedang Mabuk

(vem/sya)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading